11 September 2010

Koneksi Internet Mudah Menggunakan Bluetooth

Saya pernah mencoba melakukan koneksi internet menggunakan ponsel Nokia N70 melalui bluetooth. Kali ini masih sama yaitu koneksi internet melalui bluetooth. Bedanya menggunakan ponsel Sony Ericsson C510. Ketika menggunakan Nokia N70 konfigurasinya menggunakan teks atau CLI. Tapi kali ini konfigurasinya berbasis grafis, tinggal klak-klik saja.

Persiapan
Bluetooth manager yang saya gunakan adalah Blueman. Anda cukup installasi saja karena sudah tersedia pada repository Ubuntu. Setelah installasi Blueman selesai bluetooth bawaan Ubuntu sebaiknya dinonaktifkan, System | Preferences | Startup Applications. Aktifkan Blueman kemudian login ulang untuk melihat efeknya.


Koneksi Bluetooth
Aktifkan bluetooth pada ponsel dan pastikan dapat dilihat oleh bluetooth scanner. Proses pairing cukup mudah, klik Search | pilih ponsel | klik gambar kunci | masukkan PIN. Tentunya hal ini disesuaikan sinkronisasi pada ponsel anda. Setelah ponsel dan komputer sudah terkoneksi dengan baik, sebaiknya sembunyikan visibility bluetooth pada ponsel maupun komputer. Selain itu pada Blueman aktifkan fungsi trusted device untuk ponsel anda, dalam hal ini Sony Ericsson C510.

Dial Up Network (DUN)
Pada Blueman pilih ponsel yang akan dijadikan modem, klik kanan | Serial Ports | Dialup Service. Sangat mudah mengatifkan fungsi Dial Up Network, bisa dilihat pada gambar berikut.

Koneksi NetworkManager
Untuk melakukan konseksi internet menggunakan NetworkManager. Pada prinsipnya tata cara pembuatan profil koneksi menggunakan NetworkManager sama seperti pada tautan ini.

Memutuskan Koneksi Bluetooth
Buka kembali Blueman pilih ponsel yang telah dijadikan modem, klik kanan | Disconnect : Serial Port rfcomm0. Anda hanya melakukan serba klik, bisa dilihat pada gambar berikut.

Selanjutnya anda sudah bisa menikmati internet yang memanfaatkan ponsel sebagai modem melalui bluetooth. Sama seperti saat ini saya menulis blog ini disela-sela waktu mudik.  :)

6 comments:

  1. keren skali bro infona,syang malah dah tak jual n70 ane..speedna gmana bro?n slma connection sring putus2 gak cos ane aj pke modem zte mf 636 sring putus n ilang sndri hrus restart lagi :(

    ReplyDelete
  2. @setiya :
    speed belum pernah saya uji.
    dengan menggunakan media komunikasi Bluetooth serasa enak saja tdk perlu colok2 modem seperti Wi-Fi. :)

    ReplyDelete
  3. bisa ane coba nih , bisa ga ya pake Nokia 5530 ExpressMusic... trims

    ReplyDelete
  4. @hasan:
    berdasarkan informasi di http://www.forum.nokia.com/Devices/Device_specifications/5530_XpressMusic/ harusnya sudah mendukung DUN.

    ReplyDelete
  5. gan gimana nie blueman yang saya pake bila pke DUN kok kluar tlisan "cdma/gsm not suppurted" aq pke hp sony ericsson k618i!
    mhon bantuannya gan

    ReplyDelete
  6. @globe:
    coba klik setup dan ikuti petunjuk yang ada.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad