07 September 2010

SMS Pengganti Kartu Lebaran

Belakangan ini kartu lebaran posisinya tergeser oleh SMS. Saya melihat beberapa kondisi kartu lebaran masih tidak tergantikan. Hampir setiap orang mempunyai ponsel yang pastinya mempunyai fitur mengirimkan pesan.

Ketika menjelang lebaran komunikasi SMS akan sedikit tidak lancar. Hal ini disebabkan hampir semua orang mengirimkan pesan ke rekan-rekannya. Saya cukup mengalami kerepotan jika harus mengirim satu per satu. Walaupun sudah ada fitur grup tapi masih kurang nyaman buat saya. Kali ini saya akan mencoba mengirimkan SMS tidak melalui ponsel.

Persiapan
Jika anda mempunyai modem internet yang terdeteksi dengan baik oleh Linux, manfaatkan modem tersebut. Saya menggunakan Sierra 855 yang terdeteksi pada /dev/ttyUSB3.

Google Sync
Sebelum kartu anda dimasukkan kedalam modem, sebaiknya backup dulu phonebook menggunakan Google Sync. Jika sudah tersinkronisasi phonebook dengan Google, selanjutnya anda export daftar kontak tersebut. Buka akun Gmail | Contacts | My Contacts | More Actions | Export ke CSV versi Outlook. Selanjutnya anda rapikan data anda yang tertinggal hanya kolom nama dan nomor telepon.

Manajemen SMS
Untuk pengiriman SMS saya menggunakan Kalkun. Data yang telah anda rapikan silakan sesuaikan dengan database Kalkun. Installasi Kalkun anda dapat dilihat pada http://milisdad.blogspot.com/search/label/kalkun. Supaya lebih enak mesin Kalkun ini anda set mengirim SMS menjelang lebaran sekitar jam 00.00. Tentunya komputer anda yang tersintall Kalkun masih nyala.

Dengan melakukan metode ini saya harap proses pengiriman SMS menjadi ringan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431H, Mohon Maaf Lahir dan batin.

8 comments:

  1. sip mas... tak enteni SMS nya... ;)

    ReplyDelete
  2. mas, kalo untuk ngatasi gammu yang sering nge hang gimana ya?kayaknya trik ini kan memerlukan gammu yang harus on dalam waktu yang lumayan lama, sementara aku dalam waktu 2 jam ajah sudah sering nge hang itu gammunya.aku gammu install via sipnatik make lucid

    ReplyDelete
  3. @alief :
    Konfigurasi gammu-smsdrc tempat saya pada bagian smsd seperti ini :
    [smsd]
    PIN = 1234
    service = mysql
    DeliveryReport = sms
    logfile = /var/log/smsd.log
    debuglevel = 1

    Saya menggunakan modem iTegno lancar nyala 24jam nonstop.
    Jika menggunakan modem internet seperti sierra885 lancar asal nyolok terus. :)

    ReplyDelete
  4. apa debug levelnya ya yang ngaruh?aku kasih 225, dapet nemu di eyang gugel marin

    ReplyDelete
  5. @alief:
    debuglevel = 1, gampangnya membaca log-nya lebih singkat :)

    ReplyDelete
  6. [smsd]
    PIN =
    service = mysql
    DeliveryReport = sms
    logfile = /etc/smsdlog
    debuglevel = 255

    punyaku kek gitu,

    ReplyDelete
  7. @alief :
    coba pake debuglevel = 1, cek di log-nya.

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad