29 October 2010

Hari Ketiga Jogja MRP

Pagi ini Jogja MRP diawali dengan Fasilitasi Industri Kecil Menengah (IKM) TI dan Non-TI. Pada sesi demo, Komunitas Ubuntu Jogja diberikan kesempatan untuk presentasi tentang aplikasi untuk IKM. Aplikasi yang kami kenalkan adalah sistem operasi Ubuntu, aplikasi Keuangan Guyub da Kalkun sebagai Manajemen SMS. Ketiga hal tersebut kami pikir sudah bisa membantu manajemen IKM.

Sore harinya kami diberikan kesempatan untuk presentasi ditengah-tengah arena Jogja Export Expo. Sangat menarik!!! Acaranya diadakan di panggung kecil, kami diberikan mic yang terhubung ke pengeras suara di seluruh ruangan. Jadi semua pengunjung dan peserta Jogja Export Expo dapat mendengar penjelasan kami, selayaknya mendengarkan radio.

Materi pertama dibawakan oleh Radith yang menjelaskan proses installasi Ubuntu yang baru dan fitur-fitur baru Ubuntu 10.10. Acara dipandu oleh Darman sehingga menjadi lebih menghidupkan suasana. Sebagai penutup saya juga menyampaikan kembali tentang Keuangan Guyub dan Kalkun. Selain itu saya juga menyampaikan usulan penggunaan aplikasi yang bebas dan mudah digunakan di Linux untuk bidang usaha Design Interior. Menurut pengamatan saya, bidang usaha Design Interior bisa memanfaatkan :
- LibreOffice atau Office untuk menghitung RAB dan keperluaan perkantoran lainnya
- Blender untuk permodelan 3 dimensi
- Google SketchUp untuk permodelan 3 dimensi
- Medusa untuk menggantikan AutoCAD
- Shotwell untuk manajemen foto lapangan
- Simple Scan untuk memindai data atau gambar sketsa

Acara diskusi ditutup jam 18.00. MRP di Jogja kali ini emang unik dibandingkan dikota-kota lain di Indonesia. Kami bisa presentasi ditengah-tengah pengusaha IKM dan Pemerintah. Pertanyaan dari peserta juga cukup membuat kami lebih bersemangat untuk memberikan advokasi ke masyarakat lebih luas. Peserta Jogja Export Expo berasal dari seluruh Indonesia. Bahkan salah satu penanya dari Pemerintah Provinsi Makassar, Pemerintah Kabupaten Sleman, dan pengunjung lainnya.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pelaksanaan MRP sampai hari ini : Disperindagkop Jogja, Jogja IT, MTI UGM, Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta, dan SPG Ubuntu Jogja..

3 comments:

  1. mantappp....

    GOoo...Ubuntu Jogja... :rock:

    *release party kali ini emang beda* hihiihii....

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad