03 January 2011

Belajar Mengaji di Android untuk Anak-anak

Di televisi beberapa hari ini ada tayangan tentang hadiah dongeng anak melalui iPad. Memberikan pembelajaran Agama (baca : Agama Islam) melalui teknologi mulai sejak kecil juga sudah ada. Pembelajaran dengan mengenalkan huruf arab bisa menggunakan ponsel Android. Aplikasinya dapat diperoleh di market, AbataHijaiyah, market://search?q=pname:org.yufid.abatahijaiyah. Saya sangat tertarik dengan aplikasi ini.

Ternyata Sony Ericsson X10 MiniPro tidak mendukung untuk aplikasi ini. Setelah saya tanyakan ke pengembangnya, Mauladi aplikasi AbataHijaiyah ini hanya mendukung layar lebar. Alhamdulillah Mauladi memberikan berkas abatahijaiyah.apk secara pribadi untuk saya untuk dicoba di layar kecil X10 MiniPro. Tidak hanya pengenalan huruf-huruf Hijaiyah, aplikasi AbataHijaiyah juga menyertakan gambar-gambar lucu khas anak-anak yang disertakan bahasa Inggris dan Indonesia. Aplikasi sederhana ini sangat bermanfaat, makanya anda selayaknya menginstall aplikasi ini.

AbataHijaiyah menyertakan suara supaya kita juga bisa menirukan, hanya suaranya terlalu kecil. Informasi lebih lanjut anda dapat dilihat pada http://yufid.org/abata-hijaiyah-for-android/. Beberapa perbandingan tampilan portrait dan landscape dapat dilihat gambar-gambar berikut. Sekedar saran untuk menggunakan aplikasi ini sebaiknya menggunakan tampilan portrait saja.






No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad