Skip to main content

Installasi App2SD di X10 Mini Pro

Sempat gagal installasi App2SD yang mengakibatkan ponsel ini (baca : X10 Mini Pro ) crash. Akhirnya solusinya saya upgrade ke versi 2.0.2.A.0.24 dengan efek samping tidak bisa nge-root. Saya pun pasrah tapi saya tetap punya kenyakinan bahwa akan hari cerah kelak *halah melo* :p

Akhirnya saya menemukan tutorial di XDA Developer bahwa X10 dengan versi 2.0.2.A.0.24 bisa di-root menggunakan SuperOneClick. Silakan unduh SuperOneClick disini. Tools ini berhasil melakukan rooting di X10 Mini Pro.

Aksi berikutnya adalah dengan menginstall App2SD karena memory internal sudah menipis. Tutorial panduan masih menggunakan di Forum Android Indonesia. Bedanya saya melakukan proses installasi di App2SD menggunakan sistem operasi Ubuntu. Alat dan bahan yang harus dipersiapkan :
1. SuperOneClick, tinggal unduh seperti tautan diatas
2. Titanium Backup yang bisa didapat di Market
3. App2SD yang bisa diunduh disini
4. GParted untuk mempartisi SDCard, sudo apt-get install gparted

Langkah-langkah installasi App2SD melalui Ubuntu, sebagai berikut (tentunya sudah ter-root):
1. Partisi SDCard menggunakan GParted dengan komposisi 3GB (FAT32) dan 1 GB (EXT2), saya menggunakan SDCard merk Visipro dengan kapasitas 4GB
2. Buka Titanium Backup kemudian klik Problem untuk mengunduh tools busybox
3. Ekstrak App2SD
4. Pindahkan semua isi dalam direktori App2SD (app2sd.sh,busybox,mount_sd.sh,sh.sh) ke /sdcard menggunakan tools adb, contoh : ./adb push app2sd.sh /sdcard/
5. Masuk ke Android, ./adb shell langsung masuk ke root dengan mengetikkan perintah su
6. Jalankan App2SD, sh /sdcard/app2sd.sh
$ su
# sh /sdcard/app2sd.sh

+________________________________+
|********************************|
|*Welcome To wolfilein's App2sd *|
|*installing script             *|
|********************************|
+--------------------------------+

~this version should be go on any device ~

7. Pilih 0 atau default-nya sudah 0 tinggal tekan enter

+___________________+
|********************|
|* Menu             *|
|*                  *|
|*[0] install app2sd*|
|*[1] remove app2sd *|
|*[2] exit          *|
|********************|
+--------------------+

[0]

8. Tunggu proses yang berjalan, saya mendapati error tapi saya diamkan dan akhirnya akan reboot
busybox: not found
mkdir failed for /data/appbak, File exists
busybox: not found
mkdir failed for /system/xbin, File exists
rm failed for /etc/mount_sd.sh, No such file or directory

+________________________________+
|********************************|
| finished going reboot now      |
|********************************|
+--------------------------------+

Untuk memastikan silakan jalankan aplikasi Titanium Backup. Proses App2SD yang sudah berjalan kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Comments

  1. Mas, Saya mau nanya,
    kemarin kan saya nginstall app2sd di X8. kayaknya sih berhasil, karena di Titanium backup muncul tulisan SD card (a2sd).
    abis itu muncul masalah, yaitu wi-fi g bisa konek2, internetan pake jaringan biasapun (2G, 3G) tidak bisa, bluetooth juga g bisa diaktifin.
    itu masalahnya kenapa ya ?
    lalu saya coba repair pake SEUS ataupun PC companion, setelah bagian Synchronizing malah muncul "UnExpected Error".
    Saya coba nge-flash, pake tool n tutorial XDA Developer juga g pernah bisa.
    setiap kali pengen ngerooting pake SOC malah muncul error "- exec '/system/bin/sh' failed: Exec format error (8)

    ReplyDelete
  2. @sanosuke :
    ada tutorial di http://www.android-indonesia.com/home/16-sony-ericsson/17904-partisi-sdcard-dan-install-app2sd-di-x8-root?limit=6
    sudah berapa kali menjalankan PC companion?
    sy belum tahu penyebab pastinya dulu kalo error sy coba menjalankan PC companion.

    SOC-nya sudah pake yg http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=10728880 ??

    ReplyDelete
  3. Untuk PC companion nya udah berkali-kali ngejalanin nya mas, pi kayaknya yg bermasalah memang laptopnya, soalnya waktu saya coba di PC lain, ternyata bisa Update.
    Untuk SOC nya saya pakai yang dari forum KasKus.
    Flashing nya juga sudah bisa jalan, dah akhirnya terpaksa memakai ROM regional UK karena g nemu yg regional Indonesia

    ReplyDelete
  4. @sanosuke :
    pake ROM UK justru lebih OK donk...
    saya bisa rooting di build number 2.0.2.A.0.24 menggunakan SOC yg khusus utk 2.0.2.A.0.24 *sepertinya khusus*
    Nahh saya berharap PC Companion ada versi non-Windows krn Windows mudah terkontaminasi. :(
    PC Companion saya install di komputer yg jarang dijamah oleh user bahkan jarang dipake.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. SD-nya minimal harus class 4 kah?

    ReplyDelete
  8. @fardia :
    lebih bagus menggunakan class 6.
    saya beli asal saja kok :D

    ReplyDelete
  9. kira2 buat xperian x8 pake cara ini bisa ga ya ???

    ReplyDelete
  10. @radith :
    saya pikir gak masalah tapi saya tidak yakin maklum belum lama mainan :p

    ReplyDelete
  11. saya coba kok eror?
    ketik CD, trus waktu ketik CD ADB gakbisa
    invalid directory
    gmn tu?

    ReplyDelete
  12. @tania :
    saya pake adb di Ubuntu :)

    ReplyDelete
  13. pake perintah "adb device" bisa muncul device'a tp begitu ketik perintah "adb recovery recovery.img" ga bisa bos...gmana tuh?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Tidak Mudah Melacak Ponsel atau Modem Hilang

Setelah kejadian pencurian dirumah , saya baru sempat tadi pagi menghubungi pihak operator. Alat komunikasi berserta kartu dari operator pun lenyap dibawa oleh maling. Sehingga sampai saat ini saya juga sulit komunikasi melalui jalur internet maupun ponsel. Ponsel sulit dihubungi karena charger ponsel pun dibawa maling :(. Sementara masih pinjam teman kantor :D.  Per hari ini, tanggal 15 Maret 2010 saya tidak berlangganan internet sampai batas waktu yang ditentukan. Alasan saya berhenti sementara (3 bulan batas maksimal dari operator) sangat sederhana yaitu pihak operator belum/tidak bisa melacak ponsel atau modem yang hilang. Saya pikir mudah melacak keberadaan ponsel atau modem mudah sesuai artikel yang saya baca di http://www.scribd.com/doc/6303977/ThorpeGlen-Cell-Snooping-Sales-Presentation-2008 :D Ternyata saya ingin tahu keberadaan ponsel atau modem ternyata belum/tidak bisa.Padahal hilangnya ponsel dan modem saya mengandung unsur tindak pidana. Yaaa... apa boleh buat mungkin