Skip to main content

Ubuntu USB Flash Disk untuk Macbook

Masalah
Saya kesulitan installasi Ubuntu 11.10 di MacbookPro8,1. Saya menggunakan CD untuk installasi Ubuntu 11.10 karena melalui USB Flash Disk pernah saya coba beberapa waktu lalu ternyata Macbook tidak mendukung booting melalui USB Flash Disk. 

Setelah membuat partisi melalui BootCamp Macbook mengalami kegagalan booting. Solusi paling cepat adalah recovery sistem operasi Mac OS X Lion. Kali ini dalam kardus Macbook tidak menyertakan CD/DVD Recovery. Saya coba konsultasi ke eStore ternyata untuk Mac OS X Lion harus recovery via online. Gubrak!!! eStore pernah recovery Mac OS X Lion sampai 2 hari karena tergantung koneksi internet.
Tambah pusing........

Alat dan Bahan
Akhirnya menemukan sebuah solusi yaitu tetap menggunakan USB Flash Disk. Pada awalnya saya ragu, tapi semua cara akan saya lakukan demi Macbook ini menyala. Baik yang harus dipersiapkan sebagai berikut :
Praktik
Baiklah, setelah alat dan bahan sudah siap mari kita langsung membuat Ubuntu USB Flash Disk terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :
  • Ekstrak ISO-2-USB EFI-Booter for Mac 0.01 beta - Ubuntu 10.10 Live.zip
  • Kosongkan terlebih dahulu USB Flash Disk
  • Membuat direktori efi pada USB Flash Disk, mkdir efi
  • Membuat sub-direktori boot pada USB Flash Disk, mkdir efi/boot
  • Salin bootX64.efi dari direktori ISO-2-USB EFI-Booter for Mac 0.01 beta - Ubuntu 10.10 Live ke efi/boot pada USB Flash Disk
  • Salin juga ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso ke direktori efi/boot pada USB Flash Disk
  • Ubah ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso menjadi boot.iso, mv ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso boot.iso
  • Pastikan kembali bahwa pada direktori efi/boot pada USB Flash Disk berisi 2 berkas bootX64.efi dan boot.iso
Mainkan...
Anda bisa mencoba USB Flash Disk tersebut ketika pertama kali booting tekan tombol alt. Pilih EFI Boot untuk mulai bertarung. Jadi anggapan saya bahwa Macbook tidak bisa booting menggunakan USB Flash Disk adalah salah besar. Sebelum saya bersama Sunu Wibirama seorang Kandidat Doktor dari Tokai University pernah ngoprek bareng Ubuntu USB Flash Disk tapi gagal justru mengakibatkan saya harus install ulang Ubuntu di Macbook. 

Selamat Mencoba



Referensi :  

Comments

Popular posts from this blog

Mencairkan Mandiri Tabungan Rencana melalui Internet Banking

Barangkali prosedur pencairan Mandiri Tabungan Rencana atau biasa disebut TRM berubah lagi. Maka saya ingin mencatat saja. Dari tahun lalu (2011) Bank Mandiri menambahkan fitur pencairan TRM melalui Internet Banking. Berhubung TRM baru saja jatuh tempo maka akan saya coba prosedur mencairkan TRM melalui Internet Banking atau istilahnya membatalkan. Berikut langkah mencairkan TRM melalui Internet Banking : 1. Buka Internet Banking Bank Mandiri dan masuk,  https://ib.bankmandiri.co.id/retail/Login.do?action=form&lang=in_ID 2. Klik Informasi Rekening dan pilih Mandiri Tabungan Rencana 3. Pilih Rekening dari Mandiri Tabungan Rencana yang sudah jatuh tempo 4. Pada kolom Update pilih Batalkan 5. Masukkan Certificate Prefix dan Cerificate Number yang terdapat dalam sertifikat TRM dibagian kanan atas. Untuk Prefix terdiri dari 2 huruf kapital dan dan Number terdiri dari 6 angka. Selanjutnya klik Lanjutkan. 6. Masukan prosedur Internet Banking Bank Mandiri yang

Ditelepon oleh Google

Beberapa kali saya ditelepon oleh mesin buatan Google ketika akan mengelola Google Apps . Dari sekian telepon yang saya ingat Google menggunakan beberapa nomor. Pertama kali menggunakan nomor telepon seluler. Seingat saya menggunakan operator di Indonesia. Yang kedua sudah lebih terkesan luar negeri karena menggunakan kode +44. Terakhir tanggal 19 Juli 2012 jam 16.16 saya ditelepon oleh Google dengan nomor  +62210000007 . Jika +62 diganti 0 maka yang menelepon saya dari nomor  021- 000-000-7 . Saya tidak paham bagaimana pihak Google bisa me- masking nomor menjadi nomor    021- 000-000-7. Tapi keren!!!

Menutup Rekening Bank Permata

Mulai tanggal 23 Desember 2008 saya sudah menutup rekening di Bank Permata . Saya menggunakan Bank Permata sebagai payroll dari PT Trikomsel Multimedia . Sejak saya pindah ke Jogja sudah tidak efektif rekening tersebut. Payroll saya pindah ke Bank Mandiri . Untung sudah mempunyai rekening Bank Mandiri sejak tahun 2001. Beberapa alasan saya menutup rekening Bank Permata : - Tidak lagi sebagai payroll lagi. - Tidak ada transaksi yang berarti lagi. - E-Banking-nya tidak bisa di buka di Firefox karena menggunakan ActiveX. Daripada tiap bulan saya terkena biaya administrasi akhir diputuskan untuk ditutup. Mungkin kalau masih bisa dibuka di Firefox saya bisa mempertimbangkan untuk menutupnya. Bank Permata yang masih 1 group dengan Astra tentunya masih menggunakan kebijakan yang berbasis Microsoft . Proses untuk menutup saya cukup mengambil uang yang disisakan sekitar Rp. 100.000. Saya membuka rekening di Bank Permata cabang pembantu Jln. Abdul Muis Jakarta Pusat. Menurut CS-nya unt