17 October 2011

Ubuntu USB Flash Disk untuk Macbook

Masalah
Saya kesulitan installasi Ubuntu 11.10 di MacbookPro8,1. Saya menggunakan CD untuk installasi Ubuntu 11.10 karena melalui USB Flash Disk pernah saya coba beberapa waktu lalu ternyata Macbook tidak mendukung booting melalui USB Flash Disk. 

Setelah membuat partisi melalui BootCamp Macbook mengalami kegagalan booting. Solusi paling cepat adalah recovery sistem operasi Mac OS X Lion. Kali ini dalam kardus Macbook tidak menyertakan CD/DVD Recovery. Saya coba konsultasi ke eStore ternyata untuk Mac OS X Lion harus recovery via online. Gubrak!!! eStore pernah recovery Mac OS X Lion sampai 2 hari karena tergantung koneksi internet.
Tambah pusing........

Alat dan Bahan
Akhirnya menemukan sebuah solusi yaitu tetap menggunakan USB Flash Disk. Pada awalnya saya ragu, tapi semua cara akan saya lakukan demi Macbook ini menyala. Baik yang harus dipersiapkan sebagai berikut :
Praktik
Baiklah, setelah alat dan bahan sudah siap mari kita langsung membuat Ubuntu USB Flash Disk terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :
  • Ekstrak ISO-2-USB EFI-Booter for Mac 0.01 beta - Ubuntu 10.10 Live.zip
  • Kosongkan terlebih dahulu USB Flash Disk
  • Membuat direktori efi pada USB Flash Disk, mkdir efi
  • Membuat sub-direktori boot pada USB Flash Disk, mkdir efi/boot
  • Salin bootX64.efi dari direktori ISO-2-USB EFI-Booter for Mac 0.01 beta - Ubuntu 10.10 Live ke efi/boot pada USB Flash Disk
  • Salin juga ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso ke direktori efi/boot pada USB Flash Disk
  • Ubah ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso menjadi boot.iso, mv ubuntu-11.10-desktop-amd64+mac.iso boot.iso
  • Pastikan kembali bahwa pada direktori efi/boot pada USB Flash Disk berisi 2 berkas bootX64.efi dan boot.iso
Mainkan...
Anda bisa mencoba USB Flash Disk tersebut ketika pertama kali booting tekan tombol alt. Pilih EFI Boot untuk mulai bertarung. Jadi anggapan saya bahwa Macbook tidak bisa booting menggunakan USB Flash Disk adalah salah besar. Sebelum saya bersama Sunu Wibirama seorang Kandidat Doktor dari Tokai University pernah ngoprek bareng Ubuntu USB Flash Disk tapi gagal justru mengakibatkan saya harus install ulang Ubuntu di Macbook. 

Selamat Mencoba



Referensi :  

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad