20 December 2011

Cloud Untuk UKM dari Indosat

Judul ini saya "karang" sendiri. Sebenarnya judul yang tepat adalah Solusi 4M untuk UKM dan Koperasi dari Indosat. Solusi 4M (Mudah, Murah, Menguntungkan dan Mendunia) adalah sebuah acara yang diselenggarakan oleh Indosat minggu lalu di hotel Novotel Yogyakarta. Acara yang mengundang UKM dan Koperasi, Indosat berusaha mengajak untuk menggunakan produk jaringan internet dari Indosat dan menggunakan layanannya.

Seperti yang sudah saya duga acara ini pasti akan memberikan gambaran tentang Cloud untuk UKM dengan bahasa yang mudah dipahami. Dalam acara ini Indosat menawarkan 3 produk Cloud untuk UKM dan Koperasi, yaitu CRM, I-Koperasi dan Toko Kongkoow. Tentunya untuk memanfaatkan layanan tersebut dengan gratis anda harus menggunakan jaringan internet broadband milik Indosat dalam hal ini IndosatM2. Kecuali Toko Kongkoow yang anda bisa melakukan registrasi di http://shop.kongkoow.com/. Saya tidak begitu memperhatikan aplikasi CRM yang ditawarkan karena tidak ada demo aplikasi. Berbeda dengan I-Koperasi yang dapat anda coba terlebih dahulu (trial 30 hari) dengan mendaftar di http://i-koperasi.com/. Kesan pertama membuka I-Koperasi, ohhh..... :)

Jika anda berlangganan internet broadband khusus UKM anda dapat menggunakan layanan-layanan itu dengan cuma-cuma, itu yang saya tangkap. Bisa jadi analisa saya salah. Sayang saya tidak mengikuti acara ini sampai selesai karena harus ada tugas negara lainnya. Saya hanya mempunyai materi yang mungkin bisa memberikan gambaran layanan baru yang diberikan oleh Indosat. Materi dapat diunduh disini (lokal, hanya berlaku 60 hari dari sekarang) dan disini (cermin).



*berharap Bon2 mereview I-Koperasi di DailySocial*

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad