01 December 2011

LinuxMint MATE untuk Pecinta Gnome2

Saya melihat diskusi teman-teman sepertinya ada ketidakpuasan terhadap Gnome3. Walaupun sudah ada Gnome Fallback pun masih kurang puas. Apalagi dengan hadirnya Unity di Ubuntu. Namun berbeda dengan Yodi Aditya yang justru menyukai Unity yang ada di Ubuntu seperti yang diungkapan di milis KPLI Jogja, http://tech.groups.yahoo.com/group/jogja-linux/message/22406. Sore ini (01/12) ceritanya saya tertarik dengan LinuxMint12 yang dipamerin pak Frans. Saya tertarik LinuxMint bukan karena nama anak saya juga menggunakan codename dari LinuxMint. Tampilan yang ditawarkan LinuxMint memang berbeda dengan Ubuntu. Bisa dibilang lebih manis. LinuxMint12 menawarkan tampilan MATE dengan tampilan mirip dengan Gnome2 namun tetap kompatibel dengan Gnome3.

Jika anda menggunakan Ubuntu 11.10 yang ingin beralih ke tampilan seperti Gnome2, cobalah LinuxMint12 dengan tampilan MATE. Berikut installasi LinuxMint12 dari Ubuntu :

  1. Tambahkan repositori LinuxMint12 pada berkas /etc/apt/sources.list yang isiniya : deb http://packages.linuxmint.com/ lisa main upstream import
  2. Seperti biasa update dulu, sudo apt-get update && sudo apt-get install linuxmint-keyring
  3. Install MATE, sudo apt-get update && sudo apt-get install mint-meta-mate
  4. Logout dan login kembali dengan memilih MATE pilihan pada LightDM
Oya...di Indonesia juga punya produk sendiri untuk tampilan di Linux yaitu BlankOn Panel yang terinstall di BlankOn Linux.


Referensi :

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad