18 October 2012

Pengenalan Zotero Bagian 1

Saya punya ketakutan materi yang telah disampaikan oleh sad_ewing saat Pelatihan Manajemen Sitasi menggunakan Zotero lupa begitu saja. Tidak ada salahnya saya menulis ulang persiapan yang harus dilakukan saat akan menggunakan Zotero. Ini hanya berdasarkan studi kasus yang saya alami, yaitu menggunakan sistem operasi Linux Mint 13 dengan peramban Firefox v16.0.1 dan pengolah kata LibreOffice v3.5.4.

Persiapan yang harus dilakukan adalah menginstall plugin Zotero untuk Firefox, seperti :
1. Zotero
2. ZotFile
3. Zotero Automatic Export
4. Zotero Scholar Citation
5. Zotero LibreOffice Integration
Saat installasi plugin tersebut disarankan menutup aplikasi LibreOffice. Untuk installasi ke-4 plugin tersebut Anda bisa melalui Firefox, klik Tools | Add-ons | Kolom Pencarian (Zotero) | Enter. Plugin Zotero LibreOffice Integration Anda bisa mendapatkan di http://www.zotero.org/support/word_processor_plugin_installation_for_zotero_2.1.

Khusus untuk penggunaan Linux Mint 13 atau ini juga berlaku untuk untuk pengguna Linux lainnya, sebaiknya install Xpdf. Di keluarga Ubuntu termasuk Linux Mint 13 cukup mengetikan sudo apt-get install xpdf. Jika terjadi sesuatu hal yang membingungkan setelah installasi plugin dan Xpdf sebaiknya relogin. Selamat berburu referensi. 

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad