01 July 2013

[Kuliner] Sate Klathak Pak Pong Bantul

Di Yogyakarta ada sate yang sangat khas, yaitu sate klathak. Sate yang ditusuk dengan jeruji sepeda (entah sepada onthel atau sepeda motor) membuat cita rasa tersendiri.
Beberapa waktu lalu saya diajak oleh atasan saya untuk menyantap sate klathak, di daerah Bantul. Sate Pak Pong namanya. Seingat saya lokasinya ada di sebelah timur stadion Bantul. Lokasinya cukup nyaman termasuk parkir, ini menjadi nilai tambah tersendiri.
Warung Sate Pak Pong tidak hanya menyediakan menu sate klathak, ada gule, tongseng, sate biasa, tengklek, dan nasi goreng kambing. Dalam 1 hari biasanya Sate Pak Pong menghabiskan +/- 15 ekor kambing. Saya sempat menanyakan bumbu sate klathak, ternyata hanya air bawang dan garam. Sebelum di bakar daging kambing yang telah ditusuk menggunakan jeruji disiram menggunakan air bawang dan garam.
Penyajiannya tidak seperti sate biasa yang menggunakan kecap, ini menggunakan kuah seperti opor. Saya jadi ingat ada juga sate yang penyajiannya menggunakan kuah seperti sate klathak ini. Sate dengan penyajian kuah yang pernah saya icipi Sate Karang di daerah Kota Gede dan Sate Kertek di Wonosobo. Anda tertarik mencobanya?

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad