Skip to main content

6 Kuliner yang Bikin Kangen Mudik ke Wonosobo

Saat mudik selain silaturahim dengan keluarga ada beberapa hal yang membuat kangen dengan kampung halaman. 1 dari sekian yang membuat kangen adalah kuliner dikampung halaman yang kemungkinan jarang ditemukan di tanah rantau. Hal ini juga saya rasakan saat mudik atau pulang kampung untuk mengurus beberapa administrasi.

Banyak kuliner yang sebenarnya membuat saya kangen saat mudik. Ada 6 kuliner yang menjadi pilihan saat saya mudik ke Wonosobo. Jika Anda ke Wonosobo tidak ada salahnya mampir juga ke 1 dari 6  kuliner pilihan saya.

1. Mie Ongklok
Menjadi makanan yang sangat khas untuk Wonosobo karena dibeberapa daerah jarang ditemukan. Walaupun pernah mencicipi Mie Ongklok di Yogyakarta tapi ada beberapa rasa yang kurang cocok. Saya pikir bukan masalah rasa Mie Ongklok itu sendiri, bisa jadi karena lokasinya juga. Biasanya Mie Ongklok disandingkan dengan Tempe Kemul atau Sate Sapi, ini sifatnya pilihan. Tentunya jika ada keduanya lebih mantap rasanya.


2. Tempe Kemul
Selain cocok sebagai pendamping dari Mie Ongklok, gorengan yang satu ini menjadi gorengan khas Wonosobo. Saya sendiri belum pernah menjumpai Tempe Kemul di Yogyakarta. Walaupun bentuk serupa namun cita rasa sangat berbeda. 


3. Sate Tahu Supar
Sate dengan panjang kurang lebih 30-45 cm menjadi makanan yang cukup digemari oleh anak-anak muda di Wonosobo. Sate Tahu Supar yang mangkal di sekitar Alun-alun Wonosobo sering kali menjadi tempat rujukan berkangen ria, apalagi bagi teman-teman yang dulu saat pulang sekolah sering nongkrong di Sate Tahu Supar. Pernah saya mencoba sate tahu di Yogyakarta ternyata dari sisi presentasi sudah sangat jauh apalagi rasa. Sate Tahu Supar tidak hanya tahu yang ditusuk seperti sate namun disela-sela tahu ada bakso. Mungkin yang menjadi khas adalah tusuk sate yang panjangnya kurang lebih 30-45 cm. 


4. Sate Ayam Kertek
Jelas sate yang satu ini juga berbeda dengan sate ayam yang biasa kita jumpai. Dari sisi penyajian pun berbeda, menurut saya hampir sama dengan Sate Karang di Kota Gede. Sate Ayam Kertek makanan yang jaman saya masih kecil sangat ramai karena berjualan pada hari Minggu tertentu saja. Saat ini bisa Anda jumpai dengan mudah karena buka setiap hari di sebelah selatan RSUD Wonosobo. Rasa yang ditawarkan Sate Ayam Kertek tidak sama seperti sate ayam lainnya karena bumbu dan penyajian sudah sangat berbeda, tentunya mengguha selera makan dan membuat kangen.


5. Nasi Megono
Beberapa daerah sepertinya juga memiliki kuliner dengan nama Nasi Megono, seperti Pekalongan. Di Wonosobo juga ada Nasi Megono, tentu sangat berbeda dengan Nasi Megono dari Pekalongan. Buat saya Nasi Megono menjadi sarapan pagi kesukaan saya. Kebetulan Nasi Megono dijual dipagi hari atau di sekolah-sekolah.  Nah.... Nasi Megono ini juga sangat cocok dengan Tempe Kemul. 


6. Soto Sapi Pak Tarmudji
Saya biasanya menyantap Soto Sapi Pak Tarmudji di utara Alun-alun Wonosobo pojok timur. Bagi saya Soto Sapi Pak Tarmudji bisa menjadi pilihan sarapan pagi selain Nasi Megono. Soto yang disajikan dengan kupat ini juga cocok dengan Tempe Kemul. Terkadang kalau saya sedang pengen sekali menyantap Soto Sapi Pak Tarmudji, saya langsung ke rumahnya.


Ini hanya 6 kuliner yang bakal bikin kangen untuk pulang kampung atau mudik atau mampir ke Wonosobo versi saya. Masih banyak kuliner yang tidak saya tulis, tentu Anda juga memiliki kuliner khas di daerah Anda yang bikin  kangen. Selamat mudik dan berburu kuliner :)

Comments

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Tidak Mudah Melacak Ponsel atau Modem Hilang

Setelah kejadian pencurian dirumah , saya baru sempat tadi pagi menghubungi pihak operator. Alat komunikasi berserta kartu dari operator pun lenyap dibawa oleh maling. Sehingga sampai saat ini saya juga sulit komunikasi melalui jalur internet maupun ponsel. Ponsel sulit dihubungi karena charger ponsel pun dibawa maling :(. Sementara masih pinjam teman kantor :D.  Per hari ini, tanggal 15 Maret 2010 saya tidak berlangganan internet sampai batas waktu yang ditentukan. Alasan saya berhenti sementara (3 bulan batas maksimal dari operator) sangat sederhana yaitu pihak operator belum/tidak bisa melacak ponsel atau modem yang hilang. Saya pikir mudah melacak keberadaan ponsel atau modem mudah sesuai artikel yang saya baca di http://www.scribd.com/doc/6303977/ThorpeGlen-Cell-Snooping-Sales-Presentation-2008 :D Ternyata saya ingin tahu keberadaan ponsel atau modem ternyata belum/tidak bisa.Padahal hilangnya ponsel dan modem saya mengandung unsur tindak pidana. Yaaa... apa boleh buat mungkin