31 October 2013

2 Hari di Jogja Open Source Conference 2013

Acara telah berlalu sekitar 1 bulan yang lalu. Berhubung ini dan itu baru bisa sedikit cerita dari pengamatan saya selama 2 hari di Kampus UKDW tempat penyelenggaraan Jogja Open Source Conference 2013 (JOSC 2013). Sebenarnya acara ini adalah acara yang cukup menarik dan berharap periode depan masih terselenggara dengan konsep yang lebih bagus lagi.

Seminar dan Workshop
Hari pertama terdiri dari 2 sesi, pertama seminar tentang cloud computing dan super computer dengan nara sumber Mardhani Ria Setiawan yang kebetulan juga pembicara Malaysia Open Source Conference 2013. Peralatan yang dibawa dan didemokan adalah GamaBox, sebuah super computer berbasis Raspberry PI dengan sistem operasi Raspbian.

Kebetulan saya dipercaya untuk memandu acara sesi 1 ini sebagai moderator. Tentu saya punya kesempatan lebih besar melihat langsung super computer GamaBox. Di akhir acara terlontar beberapa ide-ide menarik tentang super computer ataupun tentang Raspberry PI ini. Aktivis Open Source yang kebetulan dosen UKDW, Willy SR mencoba melontarkan ide penggunaan Raspberry PI untuk mendukung e-voting. Saya pun tidak mau ketinggalan mencoba melontarkan "ide konyol" super computer yang dibangun dengan Raspberry PI ini untuk memecahkan password MySQL. Materi tentang GamaBox dapat dilihat salindia dibawah ini.


Sesi kedua terbagi menjadi 3 acara dengan topik Mobile Apps, Security Networking dan Cloud Computing. H-1 sore hari saya dihubungi panitia untuk menggantikan topik Cloud Computing karena ada kendala teknis. Mau tidak mau saya menjadi narasumber untuk sesi kedua dengan topik Mobile Security. Saya menyampaikan topik tersebut mengulang dari materi NSCW2013.

Temu Alumni
Walaupun hari sabtu saya merasa pada hari kedua JOSC2013 ini seperti hari minggi. Hal ini disebabkan peserta yang hadir dalam hari kedua sebagian adalah para penggiat Open Source dari beberapa generasi. Diawali dengan latar belakang JOSC2013 dan cerita-cerita seru saat memulai KPLI Jogja sekitar tahun 2002.

Diskusi pun sangat menarik, bahkan sasaran ke depan JOSC bisa terselenggara lebih baik. Minimal 2 tahun yang akan datang. Tidak lupa diakhir acara ada sesi foto-foto dari sebagian peserta. Selayaknya komunitas lain ternyata ada second party di daerah Timoho :).
foto oleh Willy SR

Terima kasih untuk pendukung acara, semoga kerjasamanya tetap terjalin untuk memajukan TIK di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad