02 October 2013

Install NodeJS dan PhoneGap di LinuxMint 15

Sekian persyaratan mengikuti pelatihan Mobile Apps JOSC 2013 adalah peserta membawa notebook yang sudah terinstall piranti lunak pendukung seperti Android SDK, PhoneGap dan NodeJS. Sebelum melakukan installasi saran saya daftar akun dulu di https://build.phonegap.com dan https://github.com/. Tentunya tidak lupa install Android SDK. Saran saya sifatnya tidak resmi. Saran resmi dari panitia JOSC 2013 dapat dilihat di http://jogja.linux.or.id/josc2013/pembicara/persiapan-peserta-wokshop/.

Installasi NodeJS
Melihat PPA NodeJS dari Chris Lea sepertinya cukup aktif, maka saya menambahkan baris deb http://ppa.launchpad.net/chris-lea/node.js/ubuntu raring main pada /etc/apt/sources.list. Langkah selanjutnya adalah ketik sudo apt-get update && sudo apt-get install nodejs.

Installasi PhoneGap
Saya sebenarnya mengikuti petunjuk yang ada di http://phonegap.com/install/. Untuk installasi PhoneGap jalankan perintah sudo npm install -g phonegap. Penggunaannya menjalankan perintah seperti dibawah ini:
phonegap create josc2013
cd josc2013
phonegap run android
Njuk.... Setelah ini saya benar-benar tidak tahu yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu saya jadi ingin mengikuti pelatihan Mobile Apps JOSC 2013 dengan narasumber Deny Prasetyo atau dikenal sebagai @jasoet. Sampai jumpa di Jogja Open Source Conference 2013 di UKDW.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad