29 November 2013

Installasi LinuxMint 16 di Macbook Pro 8,1

Ceritanya diawali pertengkaran dengan Olivia dan berunjung putusnya hubungan kami. Hampir 2 hari kami bertengkar dan tanpa ada solusi yang baik, akhirnya memang saya memutuskan hubungan dengan Olivia dan memilih Petra. Mohon tidak salah sangka terlebih dahulu, Petra ini bukan laki-laki tapi perempuan yang kuat sekuat batu seperti filosofinya. Jika Anda lihat film Taxi ada tokoh namanya Petra seorang polisi wanita.

Ada 3 hal yang harus dipersiapkan saat harus kencan dengan Petra. Pertama siapkan terlebih dahulu atau ganti rEFIt dengan rEFInd. Tidak ada alasan teknis apapun saya mengganti rEFIt menjadi rEFInd hanya langkah ini berjalan mulus di MacBook Pro 8,1. Informasi lengkap tentang fitur rEFInd dapat dilihat di http://www.rodsbooks.com/refind/features.html.

Langkah kedua masih sama seperti PDKT beberapa waktu yang lalu. Masih menggunakan EFI Booter yang sampai sekarang masih misterius sang pembuatnya. Menggunakan EFI Booter dapat dilihat di http://milisdad.blogspot.com/2011/10/ubuntu-usb-flash-disk-untuk-macbook.html dengan disesuaikan ISO Linux Mint 16. Saat installasi saya menggunakan Linux Mint 16 Cinnamon RC. Saya lihat dibeberapa tutorial EFI Booter ini sangat bermanfaat dan hasilnya memuaskan.

Langkah terakhir saya tidak yakin bahwa Anda juga akan mengalami masalah. Jika terjadi masalah tidak bisa terinstallnya Boot Manager Linux Mint di MacBook (mungkin tidak terjadi di komputer lain) Anda dapat menggunakan aplikasi Boot Repair. Jadi Anda harus install aplikasi Boot Repair dan mengkonfigurasinya. Petunjuk installasi dan konfigurasi dapat dilihat di https://help.ubuntu.com/community/Boot-Repair.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad