02 November 2013

KeePassX: Membantu Mengelola Password Anda

Satu dari sekian materi Mobile Security yang disampaikan di NCSW2013 dan JOSC2013 adalah password manager. Fungsi dari password manager kurang lebih untuk mengantisipasi lupa akun dan/atau password karena banyaknya aplikasi atau layanan yang dilanggan. Sebagai contoh kita memiliki beberapa akun surel, aplikasi kantor, bahkan sosial media.

Password manager yang saya rekomendasikan saat presentasi di JOSC2013 sebagai berikut:
- MS Windows, KeePass Password Safe Portable yang dapat diunduh di http://portableapps.com/apps/utilities/keepass_portable.
- Mac OS X, KeePassX yang dapat diunduh di http://www.keepassx.org/downloads/
- Linux, KeePassX yang dapat menggunakan repositori masing-masing distro atau unduh di http://www.keepassx.org/downloads/
- Android, KeePassDroid yang dapat diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.android.keepass

Dari ke-4 sistem operasi yang saya rekomendasikan masih kompatibel dengan KeePass versi 1.x dengan ekstensi *.kdb. Fitur yang menarik dari password manager ini adalah Perform AutoType. Berhubung saya menggunakan LinuxMint15 maka menggunakan KeePassX. Installasinya cukup mudah, ketik sudo apt-get install keepassx xdotool.

Xdotool fungsinya untuk mensimulasikan keyboard atau mouse supaya fitur Perform AutoType-nya berfungsi dengan baik. Anda sering lupa user dan/atau password? Install KeePassX, selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad