31 January 2015

Synaptic Sebagai Media Pembelajaran

Sewaktu mengisi acara Mobile Forensik di STMIK Amikom Purwokerto beberapa waktu lalu saya mendapat jatah mengisi sesi pertama. Jadi saat sesi kedua yang diisi oleh +Anak Sepuluh Tahun dan +Surya Handika Putratama saya memiliki kesempatan diskusi dengan teman-teman panitia. Diskusi sederhana terkait belajar Linux saat tidak memiliki koneksi internet. 

Beberapa tahun lalu saat masih bekerja di Jakarta hal tersebut (baca: tidak memiliki koneksi internet) pernah saya alami. Jadi saat di kost hanya ada sebuah komputer tanpa koneksi internet saya tetap bisa belajar Linux. Kebetulan distro yang saya gunakan waktu itu adalah Ubuntu.

Pada sistem operasi Ubuntu atau turunan Debian telah tersedia Synaptic. Ini menjadi alat bantu kesukaan saya untuk belajar Linux. Melalui Synaptic saya bisa membaca deskripsi beberapa aplikasi yang cukup membantu. Jika tertarik akan saya catat, ketika sudah ada internet baru diinstall dan dicoba. Dari sini saya memiliki pembelajaran yang bermanfaat.

Hal ini saya ceritakan dengan teman-teman panitia STMIK Amikom Purwokerto supaya lebih semangat belajar dan menggunakan Linux. Artinya tidak harus selalu terkoneksi internet saat belajar menggunakan Linux. Saking asiknya diskusi, ternyata sesi kedua sudah berakhir dan ditutup dengan foto bersama. Terima kasih untuk teman-teman STMIK Amikom Purwokerto atas kerjasamanya.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad