06 July 2015

HP LaserJet P1102 di LinuxMint

Lama sekali bisa terkoneksi secara langsung dengan printer. Seringnya mengambil memanfaatkan printer yang terkonfigurasi untuk bersama-sama. Pertama kali konfigurasi atau menambahkan printer HP LaserJet P1102 di LinuxMint 17.1 lancar jaya tidak ada kendala sedikit pun. Cukup memanfaatkan HPLIP Toolbox tinggal klak-klik sudah beres proses penambahan printer.

2 hari kemudian komputer saya perbarui ke LinuxMint 17.2. Proses pembaruan tidak ada kendala sama sekali, terbilang lancar. Namun setelah selesai proses pembaruan muncul masalah tidak bisa terhubung dengan HP LaserJet P1102. Padahal HPLIP-nya menggunakan versi lebih tinggi yaitu v3.15.2.

Permasalahannya ternyata belum terinstallnya Driver Plug-in untuk HPLIP v3.15.2. Pastikan unduh terlebih dahulu Driver Plug-in di https://www.openprinting.org/download/printdriver/auxfiles/HP/plugins/ yang disesuaikan versinya. Saya memilih hplip-3.15.2-plugin.run. Selanjutnya pada bagian pilihan Plug-in Installation pilih Select and install an existing local copy of the plug-in file dan arahkan Driver Plug-in yang telah terunduh. 

Proses installasi saya ikuti dan akhirnya saya bisa memulai mencetak menggunakan HP LaserJet P1102 dari LinuxMint.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad