31 July 2015

Installasi MIUI v5.7.24 di Galaxy Nexus

Ketidaktahuan merubah atau cara installasi sistem operasi baru ke Galaxy Nexus membuat ponsel ini mengalami bootloop. Beberapa waktu, mungkin hampir 2 bulan nganggur tidak tersentuh karena bingung ngoprek-nya. Bermodalkan LinuxMint dan paket android-tools-adb dan android-tools-fastboot saya mencoba ngoprek ulang Galaxy Nexus disaat orang-orang memperbarui ke Windows 10. Cara installasinya sudo apt-get install android-tools-adb android-tools-fastboot.

Bootloop
Saya pikir setelah proses installasi melalui ClockworkMod urusan selesai. Ternyata ada prosedur yang harus dilakukan sebelum melakukan installasi dari berkas .zip. Intinya setelah Anda push berkas menggunakan perintah adb push miui_GalaxyNexus_4.8.8_4115f7159a_4.2.zip /sdcard/ jangan lupa melakukan Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition saat sudah masuk ke ClockworkMod Recovery.

Saya sebelumnya lupa melakukan 2 hal tersebut yang mengakibatkan bootloop. Setelah 2 hal tersebut dilakukan hasilnya sukses melakukan installasi miui_GalaxyNexus_4.8.8_4115f7159a_4.2.zip ke Galaxy Nexus.

Masih Kurang Puas
Karena jamannya MIUI v6 saya mencoba memperbarui saja dengan mengunduh miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip dan mengunggah ke Galaxy Nexus. Tentu tidak lupa melakukan Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition sebelum melakukan installasi miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip.

Sekilas proses lancar dan tidak terjadi kendala. Saat reboot ternyata bootloop lagi. Berdasarkan pengalaman sebelumnya walaupun bootloop masih ditangani dengan masuk ke recovery, mengetikan perintah adb boot recover. Ternyata muncul galat No Command. Puyeng lagi..... Namun masih bersyukur karena masih bisa mengakses adb shell dan sejenisnya sehingga masih mencari akal supaya bisa diperbaiki.

Fastboot
Ini Fastboot bukan Fastfood.... Hilangnya ClockworkdMod membuang kepanikan tersendiri seakan-akan tidak bisa diselamatkan si-ponsel dan harus lapor polisi terdekat. Coba segala cara telah dilakukan untuk bisa "membenamkan" kembali ClockworkMod ke dalam Galaxy Nexus. Akhirnya menemukan sebuah cara, lagi-lagi cuma mainan adb dan fastboot. Ingat yaa fastboot bukan fastfood, maklum sudah lapar gara-gara mikir Galaxy Nexus.

Ponsel tertancap ke notebook melalui kabel data, jalankan perintah adb reboot bootloader tunggu sebentar, selanjutnya ketikan perintah fastboot devices. Ternyata menghasilkan sebuah keluaran. Langsung saja unduh recovery-clockwork-6.0.4.7-maguro.img di https://www.clockworkmod.com/rommanager.

Tanpa pikir panjang reboot ponsel sehingga dalam kondisi bootloop (biar lebih mantap kalo di-reboot hehehehe). Ketik perintah adb reboot bootloader setelah masuk ke bootloader ketikan fastboot flash recovery recovery-clockwork-6.0.4.7-maguro.img. Reboot lagi dan masih dalam tampilan bootloop, ketikan adb reboot recovery dan mulai melakukan ritual Wipe Data/Factory Reset dan Wipe Cache Partition yang dilanjutkan installasi miui_GN_fyt_5.7.24_c7dc88c7eb_4.4.zip.

Reboot dalam kondisi putus asa karena tertampil seperti bootloop, pulang ke rumah seakan-akan tanpa hasil dan ponsel dibiarkan dalam kondisi menyala. Sekitar 2km berjalan seperti terdengar suara dari Galaxy Nexus, jreeengggg..... terlihat tampilan MIUI v6. Minggir dan menghentikan kendaraan untuk melanjutkan konfigurasi awal MIUI v6 dan saat pulang serasa membawa sekarung uang hahahaha.

Google Play Store
Ngoprek dilanjut dirumah namun disebabkan koneksi tidak stabil dan tampilan peramban bawaan yang selalu mengarahkan bahasa mandarin membuat saya kerepotan. Pagi ini saya coba melalui komputer menemukan sebuah cara supaya MIUI v6 yang terinstall memiliki Google Play Store. Sebelumnya saya pake F-Droid untuk mengunduh beberapa aplikasi kesukaan nan asik. 

MIUI v6 yang terinstall di Galaxy Nexus tidak terinstall Google Play Store. Tanpa Google Play Store seakan-akan masakan tanpa penyedap rasa. Melalui petunjuk di http://en.miui.com/thread-3998-1-1.html akhirnya MIUI v6 di Galaxy Nexus serasa sudah siap tempur. Melihat linimasa banyak yang berhasil memperbarui komputer dengan Windows 10, saya juga sama... Memperbarui ponsel dengan MIUI v6.


 



No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad