07 February 2016

Periksa Label Halal di Rumah Makan

Saya selalu kesulitan memastikan sertifikat atau nomor izin dari suatu produk. Muncul pertanyaan, kenapa si-institusi tidak mengeluarkan semacam portal verifikasi produk yang telah disertifikasinya? Beberapa institusi sudah menyediakan namun lagi-lagi kembali ke kita sebagai pelanggan/pengguna peduli akan hasil sertifikasi.

Saat sekedar mampir di Dunkin Donuts Ambarketawang saya melihat label halal dalam bentuk lain. Biasanya dipasang besar stiker atau pigura halal. Ini yang dipasang adalah pigura berupa QR Code. Menurut pramusaji Dunkin Donuts kode tersebut untuk memeriksa sertifikasi halal.

Penasaran. Akhirnya saya coba pindai kode tersebut dengan jarak kurang lebih 1.5 meter. Kode tersebut memang benar untuk memeriksa sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh LPPOM MUI.

Langkah LPPOM MUI sebaiknya diikuti oleh institusi yang mengeluarkan suatu sertifikasi. Tentu tidak hanya sekedar portal verifikasi namun cara yang lebih mudah seperti LPPOM MUI ini. Cukup melakukan pemindaian kita bisa secara mandiri memeriksa produk tersebut. Beberapa bulan yang lalu pihak Kemkominfo mengusut distributor yang mencoba mengakali sertifikasi pada ponsel besutan negeri tirai bambu. Hal ini karena tersedianya portal untuk memeriksa sertifikasi sehingga kita bisa secara mandiri memeriksanya.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad