03 October 2016

Tanda Tangan Digital di Android

Mumpung pelaksanaan OpenSUSE Summit Asia 2016 yang diselenggarakan di Yogyakarta pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Keamanan Informasi menyampaikan materi tentang tanda tangan digital dan membuka Loket RA (Registration Authority) untuk verifikasi pendaftaran tanda tangan digital, saya sempatkan untuk verifikasi. Pendaftaran sebelumnya sudah saya lakukan di https://rakominfo.rootca.or.id. Cukup menggunakan NIK untuk mendaftar dan verifikasi menunjukan KTP. Proses verifikasi sangat cepat dan konfirmasi melalui surel pun bisa langsung diikuti petunjuknya.

Perlu diingat saat melakukan penerbitan sertifikat sebaiknya menggunakan peramban Chrome di Android. Saya mencoba menggunakan Dolphin gagal yang mengakibatkan proses sedikit tertunda. Begitu pula teman saya yang menggunakan peramban bawaan dari ponsel. Setelah proses penerbitan kita akan mendapatkan dengan cara mengunduh berkas yang formatnya Nama_Kita.p12. Simpan baik-baik berkas ini berserta password yang diberikan dari pihak KominfoCA Registration Authority.

Berkas p12 bisa Anda gunakan pada ponsel yang bersistem operasi Android. Saya belum mencoba di sistem operasi selain Android. Saya menggunakan MIUI8 untuk implementasi tanda tangan digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Mungkin sistem operasi Android lainnya serupa. Di MIUI8 buka Setting | Additional settings | Privacy | Install from storage | Pilih berkas p12 yang Anda terima | Ikuti petunjuknya. Untuk melihat hasilnya silakan pilih Trusted credentials kemudian pilih tab User, hasilnya seperti gambar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad