13 April 2017

Mengaktifkan Developer Options di MIUI

Dulu pernah "mainan" alat ini sebentar. Waktu itu sebenarnya yang dicoba adalah Galaxy Nexus dengan sistem operasi MIUI. Saat "mainan" ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya mengaktifkan Developer options dan Debugging USB. Dalam tulisan ini juga hanya fokus 2 hal tersebut.

Walaupun cara mengaktifkan Developer options relatif sama dengan perangkat-perangkat lainnya. Saya sekedar mendokumentasikan saja karena masih ada cerita lanjutannya. Dalam aktivitas ngoprek saya selalu memainkan hal ini. Apalagi kalau pas "mainan". Baiklah berikut tahapan sederhananya untuk mengaktifkan Developer options dan Debugging USB sesuai kebutuhan alat tersebut.
1.  Menyalakan layar, asumsinya adalah ponsel tidak terkunci. Tarik dari bagian atas ke bawah seperti gambar dibawah ini.
2. Klik logo gear untuk masuk ke halaman Settings, gulung layar sampai bawah dan klik About phone. Cukup panjang menggulungnya seperti tampak digambar.
3. Pada bagian MIUI version tekan 5x sehingga dinyatakan bahwa sudah dapat menggunakan pilihan Developer options.
4.  Kembali ke langkah 1, yaitu pilih logo gear untuk masuk ke Settings, gulung layar sampai pada bagian System & Device dan pilih Additional settings sehingga tampak seperti gambar dibawah.
5. Pada bagian Developer options ada 4 hal yang diaktifkan, USB debugging, Install via USB, USB Debugging (Security settings), dan Fastboot.
5 langkah inilah sebagai modal awal untuk "bermain". Oya... jangan lupa menggunakan atau mempersiapkan kabel data yang bagus. Disarankan menggunakan kabel data bawaan.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad