Skip to main content

Single User, Atasi Lupa Password

Tadi malam (30/01) saya dapat pasien setia sejak 2006, Toshiba Portege yang ter-install Linux Mint 13. Masalahnya adalah tidak bisa terhubung ke jaringan nirkabel hasil Tethering dari ponsel Android. Diagnosa awal adalah penggerak atau driver-nya yang belum berfungsi dengan baik. Ternyata diagnosanya salah, hal ini setelah di ujicoba dengan perintah ifconfig -a dan diperiksa menggunakan hardware management tidak ada kendala.

Dicoba dengan USB tethering lancar hanya kendalanya saat membuka peramban Firefox terjadi kegagalan. Ternyata hard disk sudah penuh. Langkahnya tentunya adalah menghapus berkas-berkas tidak jelas termasuk berkas yang mempunyai otoritas khusus. Untuk masuk ke berkas atau direktori yang mempunyai otoritas khusus membutuhkan hak sebagai administrator. Celakanya adalah saya lupa password, pemiliknya juga lupa. Akhir dicoba segala cara dan akhir ditemukan juga hasil tanya sana-sini dibantu +laksono adi.

Cara yang biasa saya sebut sebagai Single User adalah cara terampuh untuk masuk ke dalam Linux yang mempunyai kendala lupa password. Sebelumnya telah melakukan berbagai cara termasuk memberi tanda single atau 1 atau rw  bahkan masuk ke Recovery Mode. Semua cara gagal. Cara terakhir berhasil, ada pun caranya sebagai berikut :
1. Reboot komputer.
2. Ketika muncul GRUB tekan huruf E.
3. Pada bagian baris yang terdapat  vmlinuz tambahkan baris rw dan init=/bin/bash. Jika ada tulisan ro ganti saja dengan rw.
4. Tekan F10 untuk reboot.
5. Silakan ganti/aktifkan password root Anda dan mainkan ide-ide Anda.

Selamat mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Tidak Mudah Melacak Ponsel atau Modem Hilang

Setelah kejadian pencurian dirumah , saya baru sempat tadi pagi menghubungi pihak operator. Alat komunikasi berserta kartu dari operator pun lenyap dibawa oleh maling. Sehingga sampai saat ini saya juga sulit komunikasi melalui jalur internet maupun ponsel. Ponsel sulit dihubungi karena charger ponsel pun dibawa maling :(. Sementara masih pinjam teman kantor :D.  Per hari ini, tanggal 15 Maret 2010 saya tidak berlangganan internet sampai batas waktu yang ditentukan. Alasan saya berhenti sementara (3 bulan batas maksimal dari operator) sangat sederhana yaitu pihak operator belum/tidak bisa melacak ponsel atau modem yang hilang. Saya pikir mudah melacak keberadaan ponsel atau modem mudah sesuai artikel yang saya baca di http://www.scribd.com/doc/6303977/ThorpeGlen-Cell-Snooping-Sales-Presentation-2008 :D Ternyata saya ingin tahu keberadaan ponsel atau modem ternyata belum/tidak bisa.Padahal hilangnya ponsel dan modem saya mengandung unsur tindak pidana. Yaaa... apa boleh buat mungkin