02 January 2009

[Khas] Sate Ayam Kertek

Memang tertulis Lontong Sate Ayam Kertek.
Kertekadalah suatu desa yang menjadi ibukota kecamatan dari kabupaten Wonosobo.

Sate Kertek ini cukup terkenal di Wonosobo selain makanan khas lainnya seperti Mie Ongklok.
Saat ini Sate Kertek berjualan di daerah Pertokoan Matahari.
Dulu sempat berpindah-pindah.
Setahu saya dulu sempat berjualan di depan Toko Besi Baja Mulia yang terletak di Jl. Angkatan 45.
Juga suatu lahan yang sekarang menjadi Bank Danamon.

Sate Kertek dulu berjualan pada hari tertentu.
Saya lupa tepatnya namun saya biasanya membeli di hari Minggu.
Namun sekarang berjualan setiap hari.

Cara penyajian Sate Kertek beda dari sate-sate lainnya.
Sate pun tidak ditusuk seperti sate-sate ayam lainnya.
Banyak macamnya Sate Kertek ada yang sate sayap, sate daging dada, atau pun jeroan.
Untuk sayap ayam ditusuk satu sayap menjadi satu tusuk.
Daging dada ayam tidak dipotong-potong kecil-kecil namun potongan besar daging ditusukkan dalam satu tusuk.
Lontong pun tidak disajikan yang hanya terpotong tapi menggunakan kuah.
Lebih enak lagi ditambahkan bumbu kacang dan sambal cabe hijau.

Berikut beberapa hasil "jempretan" Sate Kertek :
Gerobak Sate Kertek

Pilihan Sate

Membungkus Pesanan Saya :D

Pesanan Saya

Sang Pembakar Sate

Saran Penyajian

Siap dilahap :)

Habis deh...


Ayo cicipi Nasi Kertek ini yang tidak terdapat di kota-kota lain.
Pokoknya benar-benar khas :).

6 comments:

  1. yummy...satenya gede2...
    tu pake lontong sayur ya...
    kuliner abiez...

    ReplyDelete
  2. @donz
    yup bener itu lontong pake kuah gak pake sayur...
    satenya memang ada yg gede2 ada yg seperti sate biasa.
    ini khas banget saya belum nemui di kota-kota lain.
    Namanya juga sate kertek :D

    ReplyDelete
  3. Enak juga, kapan-2 coba akh ????

    ReplyDelete
  4. hmmm jadi ngilerrr nih...
    jadi pengen nyoba..???
    dikotaku ada ngga yah..???

    ReplyDelete
  5. @Suwito
    Kalo anda kebetulan piknik ke Wonosobo atau sekitarnya.
    Silahkan mampir di Sate Kertek.
    Walo tempatnya sederhana tapi rasanya Lezat...
    :)

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad