29 August 2009

Hemat BBM, Matikan Mesin-mu!!!

Kampanye atau anjuran untuk hemat energi banyak dijumpai berupa iklan layanan masyarakat, poster, selebaran bahkan masuk dalam aturan perusahaan.
Saya juga sering menemui kertas bertulisan matikan listrik jika tidak digunakan atau keluar ruangan.
Ada yang cukup bagus anjuran hemat energi diperempatan jalan.
Tepatnya diatas lampu pengatur lalu lintas.

Jika di Jogja anjuran tersebut dapat dijumpai diperempatan pingit atau dari tugu Jogja kebarat.
Sampai saat ini saya belum menjumpai ditempat-tempat lain di Jogja.
Mungkin di kota lain ada.

Pesan hemat energi ini menyala ketika lampu berwarna merah.
Adapun pesannya, HEMAT BBM, MATIKAN MESIN SAMPAI DETIK 20.
Pesan ini sering saya terapkan jika saya berhenti di lampu merah lebih dari 20 detik.
Pesan ini berkolaborasi dengan sistem pengatur lalu lintas.

Saya fikir pesan seperti ini bisa diterapkan dibeberapa pengatur lalu lintas.
Bahkan saya melihat di Jogja sistem pengatur lalu lintas sudah menggunakan energi matahari.
Dengan menggunakan energi matahari ada dua manfaat, yaitu menghemat penggunaan energi listrik dan jika listrik sedang padam sistem lalu lintas tidak berhenti.

Hasil foto yang saya dapat seperti dibawah ini.

4 comments:

  1. setuju bgt mas!
    aku malah kalo udh hijau baru nyalain, langung cabut.. :)

    teruslah berhemat bbm,
    krn secara langsung mencegah global warming..

    ReplyDelete
  2. @xurnix :
    kadang ada yg menyebalkan kalo motor 2 tax udah baunya kemana-mana eehh tetep aja digeber gasnya (angry)
    bersepeda sepertinya cukup asik.

    di Jakarta kemana-mana jauh ada efek bagusnya.
    jalan 200-500m masih dibilang deket, di Jogja?
    terasa jauh dan pasti lebih enak pake motor :))

    ReplyDelete
  3. iya, bener. sama kayak mobil diesel, asepnya bikin mata sakit, dada sesek, sangat menyebalkan!

    awal2 di Jogja sempet punya idealisme naik sepeda jg, tp panasnya jogja mematahkan idealisme saya :P

    ReplyDelete
  4. @xurnix :
    emang Jakarta juga tidak panas?
    kayanya sama deh :p
    oo paling enak mboceng Acep aja kalo kuliah, hemat kan?

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad