16 November 2009

[kuliner] Bakso Urat Alex Solo

Hari minggu saatnya piknik sekaligus mencari makanan yang belum pernah dicoba. Kebetulan belum pernah ngajak Felish jalan-jalan naik kereta api. Diputuskan kami jalan-jalan ke kota Solo. Kebetulan istri punya teman di Solo. Jam 11.00 berangkat ke Stasiun Tugu. Kami menggunakan Prameks yang jam 11.30. Berhubung hari minggu tarif Prameks Jogja-Solo Rp. 8.000. Felish masih kecil jadi tidak dihitung sebagai penumpang yang harus bayar :D

Sepertinya Felish menikmati perjalanan Jogja-Solo yang sekitar 1.5 jam. Kami turun di Stasiun Solo Balapan. Menunggu sekitar 15 menit akhirnya kami dijemput. Kami buta kota Solo walaupun saya juga pernah main ke Solo :p. Sebelum jalan-jalan dimulai diawali dulu dengan makan siang disebuah warung bakso. Konon cerita Solo terkenal karo bakso-nya. Namun saya belum pernah mencicipi bakso asli solo atau bakso yang dijual di solo.

Warung bakso yang menjadi tujuan kami adalah Bakso Urat Alex. Bakso Urat Alex membuka dua warung yaitu yang di Jl. Gadjahmada dan Jl. Yosodipuro. Sepertinya yang dituju kami adalah Bakso Urat Alex yang di Jl. Gadjahmada No. 62 Solo.

Bakso Urat Alex hampir sama dengan bakso-bakso lainnya. Ada yang membuat saya bingung, jika Bakso Urat Alex memang dari Solo, kok penyajiannya mirip bakso malang .:thinking:. Karena di Bakso Urat Alex disediakan saos tomat yang warnanya merah banget, selayaknya penyajian bakso di Jawa Timur atau bakso malang. Selain itu juga pesan bakso kuah tetap diberi mie putih. Saya berfikir ini Solo atau Malang yaa.... :) Ada yang membuat segar di Bakso Urat Alex, yaitu disediakan jeruk nipis untuk dicampurkan dalam bakso. Setelah dicampur rasa bakso menjadi lebih segar dengan aroma sedikit asam alami.

Saya tidak tahu harga perporsi karena kami ditraktir :P Makasih Iis dan Mas Jangkung. Baksonya enak deh nggak salah deh untuk menjamu tamu :). Setelah makan dilanjutkan perjalanan ke SGM (Solo Grand Mall).

3 comments:

  1. terimakasih atas informasinya
    semoga sukses selalu..
    kunjungi saya di..
    BLOG SAYA
    lirik juga..
    REPOSITORY

    ReplyDelete
  2. @unand :
    terimakasih informasi repository-nya :)

    ReplyDelete
  3. Tempat jajan favorite klo pulang ke jawa(solo), selalu mampir kesini, bahkan waktu hamil dulu dibela-belain ke solo hanya untuk memenuhi ngidam bakso Alex .

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad