22 March 2010

Rumah Dibobol di Siang Bolong

Wonosobo, 20 Maret 2010, Dengan mudahnya maling membobol sebuah rumah di kampung Wononobungkah Desa Jlamprang. Kejadian yang diperkirakan sekitar jam 10.30-11.30. Rumah tersebut dalam kondisi kosong. Penghuni rumah pada saat itu sedang pengajian di desa Krasak. Penghuni rumah baru meninggalkan rumah sekitar jam 09.30. Baru kembali sekitar jam 13.00

Mendapati rumah dalam keadaan yang sudah terbuka, penghuni rumah langsung panik dan shock. Menurut penuturan penghuni rumah, keadaan pertama kali dilihat adalah kondisi didalam rumah sudah berantakan. Semua isi lemari di tiga kamar dalam keadaan berantakan. Untuk bisa masuk ke rumah si-maling membuka paksa sehingga 3 pintu mengalami rusak berat. 2 pintu lainnya hanya mengalami kerusakan pada gembok. Kerusakan terparah terjadi pada sebuah kamar yang membuat kayu rusak parah. Hasil pengamatan saya si-maling mencoba mencongkel 5 kali dan mencongkel bagian bawah pintu yang membuat kayu rusak. Salah satu kerusakan pada pintu dapat dilihat pada gambar berikut.

Kasus pencurian ini diduga terdiri dari 4 orang. Hal ini sesuai penuturan saksi bahwa sekitar jam 11.00 ada 1 orang didepan rumah dan 1 orang disamping rumah tempat membobol pintu. Selain itu terdapat 2 motor, satunya mereknya Supra warna silver dengan lis ungu. Pelaku sangat lihai dan cukup tenang, ketika ada orang lewat dia berpura-pura bertamu dengan mengetuk pintu dan mengucapkan salam "Assalamu'alaikum". Padahal didalam rumah sudah ada rekannya (diduga berjumlah 2 orang) yang sedang beraksi. Kasus ini selanjutnya ditangani oleh Polisi Sektor Wonosobo. Barang yang dihilang adalah :
1. Handycam merk Sony
2. Perhiasan
3. Jam tangan merk Seiko
4. Jam tangan merk Louis Arden
5. Lencana Penghargaan 3 buah
6. Token Internet Banking BNI
7. Uang Tunai Rp. 2.000.000 dan 20 Real Arab
Kerugian barang hilang diperkirakan Rp. 18.000.000 sedangkan kerusakan rumah sekitar Rp. 7.000.000.

Sangat disayangkan oleh pemilik rumah salah satunya adalah Lencana Penghargaan dari Pertamina berupa emas yang merupakan lencana pengabdian selama +/- 30 tahun. Lencana penghargaan dengan logo Pertamina kuda laut tersebut kira-kira beratnya masing-masing 5gr.

Dugaan sementara pencurinya memang spesialis rumah kosong. Sekedar tips untuk yang melihat kejadian aneh sekitar kita segera catat kondisi sekitar misalkan mencatat Nomor Polisi kendaraan. Jika memang terjadi sesuatu catatan kita bisa menjadi petunjuk.

4 comments:

  1. Kemungkinan pelaku juga sudah mengetahui bahwa pemilik rumah sedang bepergian dalam jangka waktu tertentu.

    Meski sudah diantisipasi dengan kunci dan gembok, ternyata tetap bisa berhasil dibobol. Pencuri memang kurang ajar.

    BTW itu kalkulator BNI hilang lagi? Nanti mbak layanan nasabah bisa gemes.

    ReplyDelete
  2. @ryan :
    Kuwi token e Ibuku.
    Pas gawe surat kehilang ra mudeng nek Token :D

    ReplyDelete
  3. Maling sialan!!! gag punya hati, gag punya perasaan, gag menghargai jerih payah sosok pekerja keras dibela2in kerja jauh anak istri, tak kenal lelah, tak kenal waktu, ampe melalaikan kesehatan lum sempet merasakan hasil jerih payahnya sudah dipanggil sang Illahi.
    Moga Allah akan memberi balasan sesuai apa yang telah dilakukan. Moga kita diberi kekuatan, kesabaran, keikhlasan, kesehatan, keselamatan, dan diangkat derajatnya oleh Allah swt. Amiin.

    ReplyDelete
  4. @dhane :
    betul (angry)
    trims do'anya....

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad