23 July 2011

BlanKonf #3 Hari 1


Cukup melelahkan tapi menyenangkan di acara Konferensi BlankOn Linux. Konferensi ini dihadiri 200 orang dari berbagai daerah, seperti Madura, Tegal, Pekalongan, Solo, Rembang dan tidak ketinggalan teman-teman komunitas dari Jogja. Setelah sesi senam materi disampaikan dari IGOS Center Makassar, Arman Satari yang membawakan materi tentang SSH (Secure Shell). Materi ini membuka wawasan kita tentang remote access yang aman karena komunikasi terinkripsi. Jika jaman dulu remote access yang terkenal adalah Telnet. Namun sayang Telnet tidak aman. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk me-remote sebuah server menggunakan SSH.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Tim Kesenian BlankOn Linux yang saat ini bekerja di perusahaan perkapalan, Ahmad Haris. Materi tentang Zimbra yang terinstall di BlankOn Linux disampaikan dengan penuh canda. Sehingga acara jadi lebih cair dan banyak ketawa. Sangat cocok untuk membuat lebih semangat dalam mengikuti konferensi ini. Tidak kalah menarik ada sebagian materi yang menyindir PT. KAI yang sepertinya menyalahi lisensi Zimbra Open Source Edition.

Tidak terasa diluar gedung tenyata hujan deras. Acara berhenti sejenak untuk memberikan kesempatan sholat ashar. Kemudian dilanjut dari Tim Riset Cluster MTI UGM tentang Optimalisasi Proses Animasi di BlankOn. Riset ini saat ini sedang dikerjakan oleh mahasiswa dengan impian riset yang berkelanjutan. Mungkin minggu depan saya akan sedikit bercerita tentang materi ini lebih lanjut.

Untuk mempersingkat acara langsung disambung materi dari Paguyuban Pengguna BlankOn Surabaya yang disampaikan oleh siswa SMK kelas 1. Seperti biasa akhir sesi dengan diskusi kecil dan foto-foto. Saya bersama-sama Tim Riset Cluster MTI UGM langsung kembali ke Jogja. Namun sayang kami berusaha tepat waktu di agen travel, eehh ternyata ada keterlambatan sampai jam 22.00 yang seharusnya berangkat jam 20.00. Keterlembatan ini disebabkan karena ada kecelakan di sekitar Kopi Eva atau Banaran yang menyebabkan kemacetan panjang. Yaaa selamat menikmati perjalanan malam.... *seperti piknik keluar kota atau naik bis malem*

Location : Jalan Sultan Agung, Semarang,

2 comments:

  1. Ketemu dengan teman-teman saya dari Madura oom?

    ReplyDelete
  2. @rotyyu :
    tidak ketemu tapi tahu karena maju dapat doorprise :)

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad