31 July 2011

Obrolan Cinta Tanah Air


Cerita ini diawali di sebuah rumah makan padang. Berhubung rumah makan banyak pengunjung meja yang saya punya 2 teman makan bareng. Tapi kami tidak ngobrol sama sekali. Sebut saja kedua orang baru saja datang namanya Andi dan Budi. Mereka berdua melakukan obrolan biasa yang kebetulan saya tidak begitu memperhatikan.

Tidak lama kemudian datang teman mereka, sebut saja Candra. Baru saja datang Candra langsung menceritakan pengalamannya tadi malam yang sempat bikin gregetan.  Candra mencerita bahwa dia melihat lowongan pekerjaan di luar negeri sesuai dengan kemampuannya dengan posisi yang sangat bagus yaitu Asisten Manager. Tentunya lowongan pekerjaan ini sangat membuat dia tertarik sehingga langsung mengirimkan email dan memperbaiki daftar riwayat hidup terakhir. Bahkan Candra menawarkan lowongan ini ke Budi.

Email dari perusahaan asing menawarkan wawancara secara jarak jauh menggunakan Skype. Akhirnya Candra mencari koneksi yang menurutnya bagus. Dimulailah wawancara manajemen perusahaan asing tersebut dengan Candra. Tentunya komunikasinya menggunakan bahasa Inggris. Candra tidak ada masalah, dia bisa berbahasa Inggris hanya ada logat dari salah satu manajemen perusahaan tersebut yang tidak dipahami. Menurutnya itu bukan orang Inggris atau Amerika. Pihak manajemen menanyakan tentang abstraksi penelitian tugas akhirnya. Candra mencoba menelepon dosen pembimbingnya tapi tidak diangkat. Candra sepertinya juga menjelaskan beberapa bagian dari hasil penelitianntya. Ketika sedang serius wawancara ternyata listik padam akhirnya terputuslah proses wawancara. Dilihat dari cara berceritanya bahwa sangat kecewa tidak bisa menjalani proses wawancara sampai selesai.

Dengan bijaksananya Andi memberikan saran tidak perlu dianggap serius tawaran dari perusahaan asing tersebut. Hal ini sangat rentan pembajakan atas karya, sumber daya manusia, sumber daya alam. Sudah banyak kasus bahwa kita sering kali kehilangan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Misal banyak penghargaan penelitian yang diterima negara lain tapi sesungguhnya studi kasusnya di Indonesia. Selain itu banyak tenaga kerja yang bekerja untuk negara asing. Justru yang sukses negara lain bukan Indonesia. Akhirnya Candra mengalihkan pembicaraan dengn topik lowongan pekerjaan di dalam negeri.

Itulah yang saya tangkap dari diskusi antara Andi, Budi dan Candra. Namun sesungguhnya obrolan ini tidak sesuai dengan obrolan aslinya. Hanya saya tulis ulang, dimungkinkan terjadi kesalahan dalam menafsirkan. Bahkan nama dan tempat pun fiktif. Tapi inti diskusi yang saya tangkap dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-66 adalah Cinta Tanah Air.

Location : Jalan Wonosobo - Kebumen, Kaliwiro,

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad