Skip to main content

3 Tuntutan Serikat Pekerja Telkomsel

Dari 3 tuntutan Serikat Pekerja Telkomsel yang melakukan mogok kemarin (10/11) ada tuntutan yang biasa dilontarkan oleh para pekerja. Walaupun sudah biasa tapi ini penting sekali dan menurut saya hal yang harus diperhatikan oleh manajemen perusahaan atau melalui kaki tangannya HR Department atau apalah namanya. Tuntutan ketiga yang menurut saya menarik hasil kutipan dari Detikinet adalah perusahaan dituntut untuk memperlakukan SDM sebagai aset dan memiliki nilai strategis.

Hal ini sepertinya pernah diungkapkan dalam Diskusi Management Forum di Magister Manajemen UGM. Waktu itu Prof. Dr. Djamaludin Ancok memaparkan konsep Nguwongke Wong.  Dalam bahasa Indonesia artinya Memanusiakan Manusia. Sederhana tapi terkadang terlupakan oleh para manajemen perusahaan. Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi juga mempunyai konsep yang serupa. Konsep yang disampaikan Dr. Sam Ratulangi adalah Si tou timou tumou tou. Dalam bahasa Indonesia artinya manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia. Konsep Dr. Sam Ratulangi ini sangat dikenal dikalangan masyarakat di Sulawesi. Saya mendapatkan informasi ini dari teman saya yang berasal dari sana (baca: sulawesi)

Dari dua konsep tersebut akhirnya akan mempengaruhi psikologi kita. Tentunya pengaruhnya negatif jika tidak diperhatikan baik-baik. Menurut teman saya, pak Wardana mengatakan pelayanan prima di awali dari psikologis yang prima . Mungkin kita lihat sekitar kita bahwa ada sebuah layanan dari sebuah perusahaan yang tidak optimal mungkin bisa jadi disebabkan karena ada permasalahan di pengelolaan sumber daya manusia. Akhirnya akan membuat citra perusahaan menjadi tidak baik. Citra perusahaan tidak bisa didapat dengan mudah bahkan nilainya bisa dibilang diatas aset fisik yang dimiliki perusahaan. 

Comments

Popular posts from this blog

Kesalahan Dispenser

Pada umumnya beberapa orang menyebut dispenser mengikuti istilah pada KBBI yaitu peranti elektronik yg secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum. Ternyata ada istilah lain menurut KBBI yaitu mesin penjual atau mesin penyaji. 27 Desember 2013 saya melihat Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari Bank CIMB Niaga sepi dari antrian. Masuklah ke ruangan yang lebih besar dibanding ruang ATM lainnya. Berencana mengambil uang namun gagal, dicoba berulang-ulang ternyata masih gagal dengan pesan galat: Transaksi tidak dapat diproses karena kesalahan dispenser Pertama melihat pesan tersebut pasti merasa aneh, kok dispenser ngeluarin uang, air dong yang dikeluarkan . Termasuk saya yang merasa aneh dengan pesan galat tersebut. Merujuk KBBI saya masih merenungi arti dispenser yang digunakan Bank CIMB Niaga dalam mesin ATM.

Jalur Alternatif Wonosobo Jogja

Mudik tahun ini mencoba jalur baru. Pengamatan saya Wonosobo hanya mempunyai 2 tugu penyambutan yaitu di sebelah timur perbatasan dengan Temanggung dan diselatan perbatasan dengan Banjarnegara. Namun akses keluar masuk Wonosobo cukup banyak. Kali ini arus balik kami dimulai dari rumah Wonobungkah menuju Kaliwiro. Ternyata dari Kaliwiro ada jalur yang baru selesai diperbaiki menuju Sapuran. Dari Sapuran ini bisa melalui jalur altenatif ke Magelang ataupun Jogja. Ada 2 jalur yang dapat dipilih dari Kaliwiro : Wonosobo - Kaliwiro - Kali Bawang - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Wonosobo - Kaliwiro - Winong Sari - Pasar Kertek - Sapuran - Slentho - Salaman - Muntilan - Sleman - Jogja Kami memilih jalur yang pertama. Jalannya sudah bagus walaupun ada kekurangannya yaitu sempit, naik turun, tikungan tajam, dan samping jurang. Jarang ditemukan aspal yang rusak, ada sedikit rusak namun tidak mengganggu perjalanan. Bagi yang terbiasa mabuk darat, mungkin bisa langsung

Menutup Rekening Bank Permata

Mulai tanggal 23 Desember 2008 saya sudah menutup rekening di Bank Permata . Saya menggunakan Bank Permata sebagai payroll dari PT Trikomsel Multimedia . Sejak saya pindah ke Jogja sudah tidak efektif rekening tersebut. Payroll saya pindah ke Bank Mandiri . Untung sudah mempunyai rekening Bank Mandiri sejak tahun 2001. Beberapa alasan saya menutup rekening Bank Permata : - Tidak lagi sebagai payroll lagi. - Tidak ada transaksi yang berarti lagi. - E-Banking-nya tidak bisa di buka di Firefox karena menggunakan ActiveX. Daripada tiap bulan saya terkena biaya administrasi akhir diputuskan untuk ditutup. Mungkin kalau masih bisa dibuka di Firefox saya bisa mempertimbangkan untuk menutupnya. Bank Permata yang masih 1 group dengan Astra tentunya masih menggunakan kebijakan yang berbasis Microsoft . Proses untuk menutup saya cukup mengambil uang yang disisakan sekitar Rp. 100.000. Saya membuka rekening di Bank Permata cabang pembantu Jln. Abdul Muis Jakarta Pusat. Menurut CS-nya untuk me