17 July 2012

Menambah Kapasitas Hard Disk Virtual di Proxmox

Alokasi hard disk saat membuat server ternyata kurang besar. Dengan masalah harga hard disk yang sedang "tidak bersahabat" ini bisa menjadi kendala besar. Untung membangun servernya menggunakan mesin virtual jadi hard disk pun virtual. Dengan stok hard disk yang masih cukup besar, bisalah senggol-senggol Admin Storage untuk menambah kapasitas hard disk pada mesin virtual :)

Pada awalnya hard disk yang diberikan formatnya adalah .vmdk. Baca-baca manual Proxmox sebaiknya .vmdk dikonversi ke .raw dulu supaya bisa ditambah kapasitasnya. Baiklah kalau begitu saya harus menggikuti prosedurnya saja. Perlu diingat bahwa mesin virtual harus dalam kondisi mati.

cd /tempat/vm/bersemayam/images/kodevm
qemu-img convert virtual-disk.vmdk virtual-disk.raw
qemu-img resize virtual-disk.raw +10G

Proses untuk konversi dan menambah kapasitas hard disk vittual cukup membutuhkan kesabaran. Anggap saja sedang beli hard disk di toko komputer. Setelah selesai konversi dan menambah kapasitas kemudian muncul masalah baru. Di tampilan Web Proxmox tidak ada cara memindah atau mengganti hard disk dari .vmdk ke .raw. Ahirnya yang dimainkan adalah melalui konsol.  Berkas yang harus disunting adalah /etc/pve/qemu-server/kodevm.conf. Ganti saja yang ada tulisan .vmdk menjadi .raw. Yaa sudah begitu saja, saatnya mesin virtual dinyalakan dan beroperasi kembali. Terima kasih buat Admin Storage.

Referensi :
http://blog.adrenlinerush.net/?p=63
http://pve.proxmox.com/wiki/Resizing_disks

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad