10 September 2012

Kisi-kisi Lomba Ketrampilan Siswa SMK 2012

Sebenarnya melalui Lomba Ketrampilan Siswa atau biasa disebut LKS, saya ingin mengetahui bakat-bakat terpendam dari siswa-siswa SMK. Berhubung Felish sakit akhirnya batal menjadi juri untuk LKS SMK Kabupaten Pekalongan untuk kelompok Teknologi Informasi. Jika dilihat panduan yang saya terima tidak berbeda jauh dari kisi-kisi LKS tahun ke tahun.

Bagi saya yang luar biasa adalah siswa-siswa SMK yang mampu menyelesaikan installasi server berserta konfigurasinya dalam waktu sehari. Seingat saya saat menjadi asisten praktikum Jaringan Komputer di Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta untuk mempelajari materi tersebut waktu sekitar 1 semester. Ini bisa dikerjakan oleh siswa-siswa SMK dalam waktus sehari. Tidak hanya kemampuan installasi server dan konfigurasinya, siswa dituntut mengetahui kemampuan dasar tentang jaringan komputer, seperti pengalamatan IP, membuat kabel, mengetahui komponen komputer, dan lain-lain.

Siswa SMK yang menang LKS minimal tingkat kabupaten sudah mampu menjadi Junior Sys/Net Administrator. Berikut materi lomba yang telah saya rangkum dari berbagai sumber (tidak terbatas untuk kabupaten Pekalongan saja) diantaranya sebagai berikut :

  1. Perakitan Server
  2. Konfigurasi Access Point
  3. Konfigurasi NTP Server
  4. Konfigurasi Sharing Printer
  5. Konfigurasi Web Server
  6. Konfigurasi DNS Server
  7. Konfigurasi DHCP Server
  8. Konfigurasi Firewall pada Router
  9. Konfigurasi Proxy Server
  10. Konfigurasi Email Server dan Webmail
  11. Konfigurasi Database Server
  12. Membuat Virtualisasi Server
Materi tersebut diatas baru sebagian yang saya ketahui, bisa jadi masih ada materi-materi lainnya. Sistem operasi yang digunakan adalah Debian. Saran saya mulai dari sekarang atau kelas 1 SMK sudah mulai dikenalkan sistem operasi Linux. Jika tidak memungkinkan diajarkan dikelas, bisa diajarkan melalui program ekstrakurikuler.


No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad