13 March 2014

Berkunjung ke KPLI Klaten

Dulu (entah kapan lupa...) pernah saya bareng-bareng KPLI Jogja berkunjung ke KPLI Solo yang kebetulan membahas tentang bangkitnya kembali KPLI Solo di STMIK Sinar Nusantara. Kami rame-rame  menggunakan Kereta Prameks turun di Stasiun Purwosari. Pembahasan saat itu adalah starting point KPLI Solo.

Sabtu, 8 Maret 2013 mumpung libur kuliah ikut istri ke Klaten dan mampir ke KPLI Klaten. 1 hari sebelum berkoordinasi dengan Arief dari Komunitas Ubuntu Klaten tentang rencana kedatangan saya. Selanjutnya koordinasi dilanjut dengan Happy salah narahubung di KPLI Klaten.

Sewaktu saya datang ke KPLI Klaten tidak ada Happy, jadi modal nekat pura-pura numpang ngenet. Saya diterima dengan ramah oleh peserta Praktik Kerja Lapangan yang di markas BLC Telkom Klaten. PT. Telekomunikasi Indonesia - Klaten berkerjasama dengan KPLI Klaten dalam pengelolaan Broadband Learning Center. Di BLC Telkom ini saya justru jadi ingin ikutan ngoprek karena setiap sudut ruangan isinya orang belajar dan ngoprek. Saat pertama kali saya datang diberi pesan pengantar, "disini menggunakan Linux". Saya jawab, "saya membawa laptop sendiri". Sayang tidak ada respon ketika saya membuka Macbook berisi Linux Mint.

Baru menjelang sore Happy menghampiri saya dan ngobrol asik. Sebelumnya saya diajak Happy jelajah perumahan kolonial sebelum Indonesia merdeka di daerah Klaten. Selanjutnya obrolan serius pun dimulai. Menariknya komputer BLC Telkom ini sempat menggunakan beberapa distro walaupun memiliki lisensi resmi MS Windows. Sekarang menggunakan Ubuntu namun saya tidak melihat detil versi karena saya terlalu asik mainan sendiri. 

Saya dapat saran dari Happy jika ingin mengolah video bisa menggunakan Kino. Hasilnya sudah bagus, enaknya lagi jika video yang diolah masuk ke badan sensor tidak ditanya macem-macem karena menggunakan piranti lunak berlisensi Open Source. Kebetulan saat ini Happy sedang menggarap video dokumenter dan pengolahannya menggunakan piranti lunak berlisensi Open Source seperti Kino. Berhubung hari sudah malam, saya saatnya kembali ke Jogja, terima kasih Happy dan KPLI atas berbagi pengalamannya :)

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad