08 March 2014

Lima Bakso Favorit di Jogja

Selama satu minggu ini saya berburu bakso di Yogyakarta. Menurut saya bakso menjadi menu andalan saat cuaca sedang dingin atau hujan. Hasil perburuan saya ada 5 bakso yang bisa Anda coba.

1. Bakso Lombok Uleg Pak Di

Bakso yang terkenal dengan kuah pedas dari cabe rawit hijau ini merupakan bakso yang memiliki citarasa sendiri. Bakso ini berasal dari Temanggung. Anda penyuka pedas bisa mencicipi cita rasa pedas yang segar dari cabe rawit yang di-uleg langsung. Harga 1 porsi Rp. 10.000. Saya biasa mencoba di depan Pasaraya Mirota Jalan Kaliurang.

2. Bakso Kuning Gading

Saat menikmati bakso ini saat hujan jadi sangat pas sekali. Ada 3 pilihan, bakso ditambah babat, suwiran daging ayam dan tanpa keduanya (babat dan suwiran daging ayam). Kuahnya sangat kental tidak seperti bakso-bakso lainnya. Mienya pun menurut saya diolah khusus. Apalagi dagingnya, sepertinya komposisi daging sapinya lebih banyak dibanding tepung. Harga 1 porsi Rp. 15.000, lokasi dekat dengan Gereja Kota Baru.

3. Bakso Jalan Solo


Tidak ada brand apapun untuk bakso ini. Saya jumpai di depan Sony Service Center Jln. Urip Sumoharjo atau dulu dikenal dengan Jln. Solo. Bakso semacam ini banyak dijumpai disudut kota Yogyakarta. Khas dari Bakso ini adalah ditambahkan kuah bawang. Harga 1 porsi Rp. 8.000. Menyantap Bakso ini tidak di sebuah warung melainkan di pinggir jalan atau trotoar.

4. Bakso Tusuk Paijo

Penyajian Bakso ini tidak menggunakan mangkok seperti Bakso lainnya melainkan dengan cara ditusuk. Bakso dimasukan dalam plastik kemudian menyantapnya menggunakan tusuk. Harga 1 bakso, Rp. 500. Di Yogyakarta sepertinya sedang menjamur Bakso Tusuk namun Bakso Tusuk Paijo menjadi pilihan saya. Dapat dijumpai di Jalan AM. Sangaji atau di Jalan Kaliurang, berdekatan dengan Bakso Lombok Uleg Pak Di.

5. Bakso Gress

Bakso Gress menjadi favorit saya sejak kuliah. Saya biasanya membeli di Galeria Mall. Pilihannya banyak Anda dapat memilih Bakso sesuai pilihan dari bakso halus, bakso kasar, pangsit goreng, pangsit basah, dan lain-lain. Pilihan saya seperti gambar diatas dengan harga Rp. 14.300.

Masih banyak lagi bakso yang bisa menjadi pilihan Anda. Ini hanya pengamatan dan perburuan saya pribadi selama satu minggu.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad