30 October 2014

Mengulas Kembali "Surat Cinta"

Pertama kali mengulas tentang "surat cinta" tahun 2010. Saya mendapat "surat cinta" dari seseorang yang mengaku Vannessa Miranda Putri yang mengirimkan pesan dari Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia. Hal ini saya telusuri melalui header dari surel. Kasus ini juga telah saya laporkan ke pihak Telkomsel. Beberapa kasus "surat cinta" saya mencoba arsip dan diberi label scam.

Minggu lalu diberi tugas oleh pak +Yusuf Yudi Prayudi untuk mengulas surel terutama tentang penipuan, promosi bahkan termasuk "surat cinta" semacam surel dari Vanessa. Saya biasa membaca surel yang mencurigakan dengan menelusuri header-nya. Ada beberapa header yang mudah ditebak seperti "surat cinta" yang biasa saya terima. Namun ada beberapa "surat cinta" yang menurut saya kesulitan melacak tempat pengiriman surel.

1 Bulan lalu saya mendapatkan kembali "surat cinta" dari Siti Harif. Saya coba telusuri menggunakan http://www.iptrackeronline.com/email-header-analysis.php tidak terlacak dengan mudah bahwa pengirim dari Indonesia. Header yang saya tempelkan di http://www.iptrackeronline.com/email-header-analysis.php dapat dilihat di http://tempel.blankon.in/576196. Hasil penulusuran bahwa pengiriman dari Filipina jika dilhat pada baris 29 terlihat Received: from fm-dyn-139-194-64-186.fast.net.id (unknown [172.18.0.1]). Ini jelas pengiriman dari PT. First Media,Tbk. Kasus "surat cinta" dari Siti Harif telah saya laporkan ke ID-SIRTII/CC yang telah diteruskan ke PT. First Media,Tbk.

Ada beberapa penulusuran memang mudah menggunakan http://www.iptrackeronline.com/email-header-analysis.php namun terkadang kita harus membaca lebih teliti lagi header-nya. Kasus lain tentang penulusuran yang cukup menyulitkan adalah pengirim menggunakan semacam email blaster. Kasusnya saya mendapat surel dari Bitcoin Indonesia ditelusuri menggunakan alat bantu tidak ketemu, dibaca baris per baris juga tidak terlihat IP Indonesia tempat pengiriman. Header surel dari Bitcoin Indonesia dapat dilihat di http://tempel.blankon.in/576227.

No comments:

Post a Comment

Disqus for Dedy selalu Milisdad