01 January 2010

Jolicloud Pre-Beta Telah Tersedia


Belakangan ini Netbook sedang naik daun. Bahkan peredaran dipasar cukup laris. Disamping harga yang sedikit lebih miring dibanding Notebook, Netbook memang bisa menjadi pilahan yang tepat. Bagi yang mempunyai mobilitas tinggi dengan penggunaan aplikasi yang tidak terlalu berat, Netbook memang pilhan yang tepat. Seperti saya yang belakangan ini ada pekerjaan yang mengharuskan berada di luar kantor namun harus mengolah data secara digital. Bentuk yang cukup kecil dan ringan membuat saya cukup tertarik untuk menggunakan NetBook disamping MacBook saya sedang sekarat.

Sistem operasi yang digunakan Netbook tidak sembarangan karena terbentur dengan resolusi layar, processor, atau hal yang dapat mempengarungi performa Netbook. Saya menggunakan HP 2140 dengan resolusi 1024x576 terkadang menyulitkan untuk presentasi. Untung saya menggunakan Ubuntu Netbook Remix 9.10 ditambah aplikasi grandr yang dapat mengatur monitor dan LCD viewer.


Ada sistem operasi yang menggoda saya untuk mencoba di HP 2140. Sistem operasi ini kebetulan masih berbasis Ubuntu. Turunan Ubuntu Netbook Remix ini adalah Jolicloud. Pada awalnya untuk mendapatkan Jolicloud harus dengan cara registrasi ke website Jolicloud. Namun mulai tahun 2010 kita dapat mengunduh secara bebas tanpa harus menunggu undangan bergabung atau mendaftarkan diri ke Jolicloud.

Jolicloud dirancang untuk Netbook dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung social network, seperti Facebook, Twitter. Koneksi dengan Bluetooth juga cukup menawan. Bahkan hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu tampilannya juga cukup cantik yang membuat saya tergoda. Namun sayang Jolicloud sepertinya belum mengikuti rilis Ubuntu yang terbaru.

Saat ini Jolicloud tersedia dengan rilis Pre-Beta. Dalam rilis Pre-Beta memungkinkan anda dapat menginstall Jolicloud dari Windows XP atau Windows 7. Fitur ini sepertinya cukup bagus untuk dicoba. Nama fitur ini adalah Jolicloud Express. Jolicloud Express besar berkasnya sekitar 600MB. Berkas Jolicloud Express yang berupa EXE ini dapat anda eksekusi langsung pada sistem operasi Windows. Sebagai alternatif ada Jolicloud Express Safe Mode yang besar berkasnya sekitar 2MB. Untuk installasi dalam safe mode bisa menggunakan Jolicloud Express Safe Mode ditambahi unduh iso dari Jolicloud Express.


Jolicloud Express Pre-Beta ini sudah mendukung GMA500 dan NVIDIA® ION™. Bagi yang penasaran ingin melihat tangkapan layar dapat dilihat pada http://www.jolicloud.com/product/features . Untuk petunjuk installasinya cukup membantu yang dapat dilihat pada http://www.jolicloud.com/guides/jolicloud-express. Saya sedang proses mengunduh Jolicloud Express semoga saja saat installasi lancar :) Dengan catatan saya tidak sempet ngoprek karena beberapa hari kedepan sangat sibuk. :(

4 comments:

  1. @kubaat:
    memang oke banget, cuma saya belum bisa ekseskusi ke jolicloud :)

    ReplyDelete
  2. @rijal:
    sudah eksekusi ning males nulis review (doh)

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad