01 May 2010

Curhat RIlis Ubuntu 10.04 LTS

Tanggal 29 April 2010 merupakan jadwal rilisnya Ubuntu 10.04 LTS. Menurut waktu Indonesia adalah tanggal 30 April 2010. Dari tanggal 29-30 April 2010 banyak kejadian yang bagi saya tidak terlupakan. Bahkan pada tanggal 30 April 2010 si-Pepen penuh dengan blog yang berisi tentang rilisnya Ubuntu 10.04 LTS. Untuk tanggal 29 April 2010 tidak bisa diceritakan. Hanya kebingungan saya yang bisa diceritakan. Saya bingung mendapatkan boneka Penguin dengan menggunakan headphone berwarna pink yang terpampang di pojok etalase Bank Mandiri Jln. Diponegoro Yogyakarta. Adakah yang mengetahui prosedurnya? Saya lupa tidak menanyakan ke pihak Customer Service. (doh)


Justru setelah rilisnya Ubuntu 10.04 LTS saya memutuskan untuk mengganti Ubuntu Netbook Edition 10.04 LTS ke Jolicloud Pre-Final. Saya mencoba Ubuntu Netbook Edition sejak rilis Beta 1 namun mengalami banyak kendala pada mobilitas saya terutama pada wifi HP Mininote 2140. Puncaknya adalah pada tanggal 30 April 2010 HP Mininote 2140 yang terinstall Ubuntu Netbook Edition tidak berfungsi dengan baik. Daripada kinerja terganggu saya putuskan install Jolicloud dengan codename Robby.

Jolicloud Pre-Final ini saat ini masih berbasis Ubuntu 9.04. Namun menurut Jolicloud Facebook Fanpage bahwa Jolicloud sudah menggunakan kernel yang teroptimasi dengan processor Intel Atom dan tersedia aplikasi backport dari Ubuntu 9.10 dan Ubuntu 10.04. Dengan menggunakan Jolicloud beberapa hardware berjalan lancar seperti modem ZTE AC2726. Koneksi dengan bluetooth saya rasa lebih baik daripada Ubuntu. Jika tidak suka menggunakan tampilan Jolicloud bisa menggunakan desktop switcher yang berfungsi untuk mengganti tampilan standar Ubuntu Netbook Remix menjadi tampilan seperti Ubuntu Desktop.

Selain itu tanggal 30 April 2010 merupakan tanggal terakhir anak-anak dari SMK N 1 Klaten berakhir tugas kerja praktik di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM. Kebetulan 1 bulan belakangan ini mereka selalu bersama saya di Lab. M22 Magister Teknologi Informasi UGM. Saya senang dengan kehadiran mereka karena membantu saya untuk implementasi iTalc di Lab. M22 Magister Teknologi Informasi UGM. Mereka adalah siswa cukup kreatif dan mau belajar hal-hal baru.

Selama di Lab. M22 Magister Teknologi Informasi UGM mereka selalu menggunakan sistem operasi Ubuntu dan tidak pernah switch ke sistem operasi MS Windows. Bahkan mereka mencoba Ubuntu dari installasi Ubuntu 10.04 Beta 1 sampai upgrade ke Ubuntu 10.04 Release Candidate. Installasi iTalc juga cukup berhasil. Saya disarankan untuk update di wiki iTalc bahwa di Lab. M22 Magister Teknologi Informasi UGM telah berhasil mengimplementasikan iTalc yang berjalan di Ubuntu 10.04 LTS. Tentunya dengan dengan implementasi iTalc para siswa magang ini harus belajar perintah-perintah dasar Linux. Termasuk belajar cara memahami arti sebuah kerja secara remote menggunakan SSH dan remote backup menggunakan Rsync.

Berakhirnya kerja praktik di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM mereka memberikan saya souvenir yang tidak saya duga. Mereka sangat cerdas. Souvenir yang diberikan adalah "celengan" bermotif Penguin. Padahal saya tidak pernah berkeluh kesah atau curhat tentang begitu tertariknya saya dengan sosok sebuah Penguin. Tidak ada yang bisa saya sampaikan kecuali ucapan terimakasih atas Penguin-nya dan kinerjanya di Lab. M22 Magister Teknologi Informasi UGM. Saya masih menunggu manual intallasi iTalc. Jika anda tertarik silakan menunggu saja dengan memantau blog ini :).


2 comments:

  1. Terima kasih pak dedy atas respon positifnya,dan terima kasih atas kebaikannya selama ini.
    Saya akan berusaha sebaik mungkin agar manual instalasinya cepat selesai. Insya Allah minggu depan.

    ReplyDelete
  2. saya siap mendistribusikan via blog :)
    selalu belajar ya...blognya bagus lo..

    ReplyDelete

Disqus for Dedy selalu Milisdad