31 July 2010

Komparasi CloudLinux dan Ubuntu

Saya belum paham dengan komparasi antara CloudLinux dengan sistem operasi lainnya seperti RHEL, Ubuntu, dan CentOS. Seperti slogannya di situs web resminya bahwa CloudLinux sistem operasi yang telah siap untuk Cloud Computing. Mungkin ada yang bisa menjelaskan?

Berikut komparasi CloudLinux dengan sistem operasi lainnya yang diambil dari http://www.cloudlinux.com/solutions/compare/ :
RedHat ELCloudLinuxUbuntuCentOS
Price$$$$FreeFree
Support24/7 phone & web24/7 phone & webForums & Mailing ListsForums & Mailing Lists
UpdatesFastFastSlowFast
Improves DensityNOYESNONO
Increases StabilityNOYESNONO
System 
Management Portal
YESYESNONO
Lightweight 
Virtual Environments
NOYESNONO

30 July 2010

Rumah Open Source Software Association?

Sedikit narsis ahh.... Rumah yang berkoordinat -7° 43' 50.19", +110° 23' 26.87" ternyata mempunyai nomor rumah yang unik. Pada awalnya rumah tersebut merupakan lahan kosong yang jadi satu dengan rumah yang bernomor 55. Kemudian pemilik tanah tersebut menjual. Artinya tanah tersebut harusnya masih bernomor 55. Berhubung dipecah jadi dua seharusnya mempunyai nomor tersendiri. Daripada membuat kacau susunan nomor rumah, Pak RT setempat menyarankan nomornya disamakan dengan induknya dan diberi tanda A.

Jadi rumah tersebut mempunyai nomor 055-A. Sedikit dipaksakan 055-A bisa juga menjadi OSS-A, Open Source Software Assocition. Kebetulan rumah tersebut juga sering menjadi tempat berkumpul aktivis Open Source Software Yogyakarta, seperti Komunitas Ubuntu Jogja. Selain itu rumah tersebut diidentikan dengan Rumah Holchim, Rumah yang mirim SPBU, dll. Silakan anda akan memberikan julukan kepada rumah tersebut. Tentunya julukan yang bagus karena julukan bagian dari doa.

Status Pertama Felish di Facebook

Saya pernah baca bahwa seorang anak yang menggunakan akun orang tuanya untuk berkomunikasi dengan rekan orang tuanya. Ketika saya baca pertama kali cukup kaget bahwa kecil sudah bisa menggunakan media online. Untuk cerita lebih lanjut anda dapat cek di blognya mas Harry Sufehmi.

Nah...kali ini anak saya (sebut saja Felish nama sesungguhnya) yang memanfaatkan akun Bundanya. Akun yang digunakan adalah Facebook. Felish saat ini masih berumur 1.5 tahun. Dari kecil Felish sudah terbiasa dengan ponsel. Bahkan ponsel touch pun saat ini sudah bisa di-utak-atik (saya yakin Felish belum paham).

Kronologinya ketika saya dan istri sedang asik ngobrol, Felish juga asik mainan ponsel touch milik Bundanya. Ketika saya nyalakan komputer teryata ada status baru dari istri saya. Setelah saya cek kok statusnya tidak jelas. Status yang ditulis adalah 7agaw. Kebetulan pada saat itu ponsel masih dalam kondisi sudah login Facebook. Felish mencoba menulis atau mengetik ngawur. Alhasil Felish punya status pertama di Facebook melalui akun Bundanya, yaitu 7agaw. Bisa dilihat pada gambar berikut.

29 July 2010

Sony Ericsson C510


Saya pikir ponsel Sony Ericsson C510 cocok sebagai pengganti ponsel HT 30. Dari sisi harga sampai saat ini menunjukan penurunan. Ada informasi bahwa ponsel dengan tipe C510 ini telah diberhentikan produksinya. Namun saya cukup puas dengan beberapa fitur dan respon dari ponsel ini. Nanti jika ada waktu saya akan mencoba fitur-fitur yang berhubungan dengan Ubuntu :) Anda penasaran cek saja spesifikasinya.

Spesifikasi Produk :
KoneksiBluetooth™ 2.0, GPRS, EDGE, USB
Ukuran107 x 47 x 12.5 mm
Berat92 g
Jaringan3G
BandGSM 900 / 1800 / 1900,HSDPA 2100
LayarTFT, 256K colors, size240 x 320 pixels, 2.2 inches, Accelerometer sensor for auto-rotate,Wallpapers, screensavers
OS/AplikasiJava MIDP 2.0
Multimedia MP3/AAC/MP4 player, TrackID music recognition
Fitur Tambahan
  • Kamera 3.2 MP
  • Lampu photo dan video
  • Memory 120 MB
  • M2™ Card Slot
  • Deteksi wajah
  • Illuminated imaging shortcuts
  • Photo fix
  • Cyber-shot™ UI 2.0
  • Active lens cover
  • GeoTagging

Referensi :

Pemenang IOSA 2010

Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul pada IOSA 2010 hanya masuk pada tahap 1. Pemerintah Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul tidak lolos sebagai pemenang kategori Pemerintah Kabupaten/Kota ataupun masuk dalam pemenang khusus. Jadi dalam IOSA 2010 ada yang dibagi per-kategori dan pemenang khusus.

Untuk pemenang Kategori Kementerian/Non Kementerian adalah Kementerian Pertahanan karena berhasil dalam mengoptimalkan anggaran dalam penggunaan Open Source Software. Untuk pemenang Kategori Kabupaten/Kota adalah pemerintah kabupaten Jembrana, Bali karena mempunyai inovasi dalam integrasi dan pemanfaatan Open Source Software serta penegakan HaKI. Setiap kategori terdapat pemenang khusus.

Saya ucapkan selamat kepada pemenang, semoga tetap mengimplementasikan Open Source Software sebagai pilihan penggunaan software legal. Tentunya saya punya harapan pemerintah yang telah menang ini dapat menularkan ilmu dan pengalamannya ke pemerintah sekitarnya. Bagi yang belum menang semoga tahun 2011 dapat masuk sebagai pemenang.

Sumber :

26 July 2010

[Kliping] Harian Jogja 25 Juli 2010 Halaman 23

Setelah sukses penyelenggaraan Konferesi BlankOn atau biasa disebut BlanKonf pada tahun 2009. Tanggal 31 Juli s.d. 1 Agustus 2010 akan terselenggara kembali BlanKonf. Kali ini tempat penyelenggaraannya di Surabaya. Detilnya bisa dilihat pada http://konf.blankonlinux.or.id/.

25 July 2010

Chrome Lock, Kunci Google Chrome Anda

Ini cuma sekedar iseng saja. Awalnya kehebohan sempat terjadi di booth Ubuntu pada acara Jagongan Media Rakyat 2010. Ternyata web browser Google Chrome bisa dikunci. Mari kita mencoba untuk mengunci Google Chrome :

2. Konfigurasi ekstensi dengan memasukkan password

3. Restart Google Chrome

Anda tinggal aktifkan dengan menekan CTRL+SHIFT+L. Kalau muncul gembok dibawah kiri bawah berarti Google Chrome anda telah terkunci. Namun masih bisa kok untuk "dimainkan". :D

22 July 2010

Rebut Doorprize di Seminar Android vs iPhone !!!

Menjelang pelaksanaan seminar atau acara sejenis pasti ada kejutan-kejuatan. Sebelumnya di Lucid Release Party saya dapat kejutan bahwa banyak doorprize menarik. Bahkan hampir semua peserta mendapatkan doorprize. Saya sampai bingung membagi doorprize.

Kali ini di Seminar Gadget War: Android vs iPhone yang diselenggarakan oleh Magister Teknologi Informasi UGM juga ada kejutan menjelang pelaksanaan seminar. Hampir sama, banyak doorprize menarik yang akan dibagikan peserta. Doorprize persembahan dari Sony Ericsson akan dibagikan ke peserta seminar. Namanya juga doorprize jadi tidak semua peserta akan mendapatkan doorprize. Tapi ada yang menarik. Peserta seminar yang menggunakan ponsel Sony Ericsson bisa upgrade software ponsel secara gratis.

Saya pikir anda harusnya bisa hadir di Seminar Gadget War: Android vs iPhone. Saya yakin pasti akan ada lagi kejutan-kejutan yang menarik untuk peserta. Selain doorprize menarik pastinya anda akan mendapatkan informasi yang sangat menginspirasi anda. Ayo segera daftarkan sebagai peserta di http://mti.ugm.ac.id/new/?type=news&submenu=news&main_id=25&id=101.

HOAX!!! Makan Malam Bareng Ubuntu Jogja

Komunitas Ubuntu Jogja mendapatkan kesempatan yang sangat baik di Jagongan Media Rakyat 2010 yang diselenggarakan oleh Combine Resource Institution. Informasi detil tentang Jagongan Media Rakyat 2010 atau JMR 2010 dapat dilihat pada http://jagongan2010.combine.or.id/web/tentang_jagongan/?lang=id. Menurut informasi pak Onno W Purbo juga akan hadir di JMR 2010. Pak Onno akan membahas tentang Komunikasi Darurat Digital. Materi pak Onno dapat dilihat pada http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Komunikasi_Digital_Amatir.

Tadi malam Komunitas Ubuntu Jogja juga harus mempersiapkan untuk acara JMR 2010. Komunitas Ubuntu Jogja mengisi booth yang telah disediakan oleh panitia. Rencananya Komunitas Ubuntu Jogja akan berbagi pengalaman tentang penggunaan Ubuntu. Seperti tema yang diusung dalam JMR 2010 ini, "berkumpul.berbagi.bergerak". Jadi Komunitas Ubuntu Jogja dalam JMR 2010 akan menjadi ajang pertemuan atau berkumpulnya pengguna Ubuntu di Jogja. Selanjutnya kita bisa berbagi pengalaman satu sama lainnya. Jika ada sesuatu yang bisa dikerjakan mari dikerjakan bersama-sama.

Dalam persiapan sudah sangat terlihat semangat kebersamaan didalam Komunitas Ubuntu Jogja. Terlihat ketika makan malam bersama. Saya membawa nasi kardus dengan menu Gudeg Hj. Ahmad. Saya hanya membawa 2 kardus saja tidak membawa sejumlah rekan-rekan yang ada di Jogja National Museum. 2 kardus dibuka, nasi dan lauk dicampur jadi satu kemudian dimakan bersama-sama. Walaupun tidak kenyang tapi menurut saya inilah nilai kebersamaan yang ada di komunitas. Tidak ada perasaan yang lain pokoknya makan malam tersebut disantap menggunakan tangan tanpa sendok.

Seru bisa makan bersama-sama seperti ini. Saya suka sekali dengan suasana makan malam tadi. Sangat berkesan....Terimakasih kawan. Dalam acara tadi malam yang ikut adalah Fahmi, Aji, Radith, Sakti, Luhfie, Hendra, Nawa, Darman, dan Iqbal.

Walaupun seru pasti dikiranya saya bohong karena tidak ada fotonya. Seperti slogan yang beredar, No Pic, HOAX!!!. Wahh...berarti acara Makan Malam bersama Komunitas Ubuntu Jogja HOAX dong!!! hehehe.....

21 July 2010

Indosat Wiigo Cuma Tersedia di Jabodetabek

Indosat sewaktu Indonesia Celullar Show 2010 mengumumkan paket layanan Android. Selain itu paket layanan tersebut dipaket dengan ponsel Wiigo. Ponsel Wiigo saat ini sudah bisa mulai dipesan melalui Indosat, www.indosat.com/wiigo. Namun sayang ponsel Wiigo hanya dapat dipesan di wilayah Jabodetabek.

Syarat dan ketentuan pre-order yang saya kutip dari www.indosat.com/wiigo sebagai berikut :
1. Program berlangsung sampai tanggal 31 Juli 2010 untuk pelanggan Jabodetabek (unit terbatas).
2. Pelanggan wajib mengisi data pribadi secara lengkap dan benar.
3. 1 nomor identitas (KTP) hanya bisa melakukan pre-order maksimum 2 handset.
4. Harga diatas sudah termasuk: 1 unit handset Wiigo Hitam, 1 unit baterai 1000 mAh, 1 unit charger, 1 unit kabel USB, 1 unit earphone, 1 unit silicon case Hitam, kartu perdana IM3, Voucher Indosat senilai Rp 50.000
5. Informasi tanggal dan lokasi pengambilan barang akan diberitahukan melalui telpon ke nomor telpon/HP Pelanggan yang tertera pada pemesanan pre-order Wiigo ini mulai tanggal 10-15 Agustus 2010.
6. Pelunasan pembayaran dan pengambilan barang dapat dilakukan 1 (satu) - 7 (tujuh) hari kerja setelah tanggal dan lokasi pengambilan barang diinformasikan (pada poin 4) dengan melunasi harga barang secara tunai pada saat pengambilan barang atau selambat-lambatnya 1 hari kerja sebelum pengambilan barang jika pembayaran dilakukan secara transfer bank.
7. Pembayaran pelunasan secara transfer bank ditujukan ke rekening:
Atas Nama: PT. Simpli Mobile Indonesia
Bank: Bank Central Asia, Cabang Fatmawati
Nomor Rekening: 071.3017300
8. Pelunasan dengan transfer bank harus mencantumkan nama pelanggan yang tercantum pada pemesanan pre-order Wiigo ini dan dianggap lunas apabila dana sudah masuk ke rekening PT. Simpli Mobile Indonesia.
9. Jika pelunasan pembayaran tidak dilakukan sampai dengan batas waktu yang ditentukan (pada poin 6), maka pemesanan dianggap diBATALkan oleh Pelanggan.
10. Jika pelunasan pembayaran telah dilakukan dan barang tidak diambil sampai dengan batas waktu yang ditentukan (pada poin 6), maka PT. Simpli Mobile Indonesia tidak bertanggungjawab atas, tidak terbatas kepada, kerusakan pada kemasan wiigo.
11. Harga barang yang tercantum adalah untuk pengambilan di tempat yang telah ditentukan oleh PT. Simpli Mobile Indonesia, diluar itu dikenakan ongkos kirim.
12. PT. Simpli Mobile Indonesia tidak bertanggungjawab atas keterlambatan ketersediaan wiigo yang disebabkan oleh suatu hal atau lebih yang berada di luar kuasa PT. Simpli Mobile Indonesia.
13. Dengan mengisi Formulir Pemesanan pre-order Wiigo ini, Pelanggan telah membaca, mengerti dan menyetujui syarat dan kondisi yang tercantum di atas.
14. Pertanyaan maupun korespondensi sehubungan dengan pemesanan pre-order Wiigo dapat dilakukan melalui telpon ke 021-7662060 atau email ke preorder@simplimobile.com

Spanduk Seminar Android vs iPhone

Ternyata spanduk untuk seminar dengan tema Gadget War: Android vs iPhone telah terpasang. Spanduk ini terpasang di tiang iklan JogjaTronik Bulak Sumur. Terpasangnya spanduk ini hasil kerjasama dengan pihak JogjaTronik.

Berdasarkan informasi di spanduk pendaftaran seminar masih dibuka, jadi jangan dilewatkan kesempatan ini. :) Jika anda penasaran bisa dilihat perempatan MM UGM, saran saya melihatnya jangan malam karena spanduknya berwarna hitam. Terimakasih untuk mas David dan Tim JogjaTronik yang telah membantu proses terpasangnya spanduk ini.

Mengirim Pesan Singkat

Sekitar tahun 2001 mengirim SMS hanya untuk sesama operator tidak bisa lintas operator. Namun ada solusi SMS lintas operator yaitu menggunakan layanan OKE SMS yang dikeluarkan oleh Trikomsel. Saya masih ingat waktu itu jika akan membeli voucher OKE SMS harus ke Malioboro Mall tepatnya dibelakang Mc Donalds. Berhubung relasi waktu itu belum banyak saya memutuskan tidak menggunakan layanan SMS OKE. Informasi tentang SMS OKE saat ini agak sulit dicari, mungkin anda bisa coba mencari di google.com dengan kata kunci "SMS OKE" (termasuk tanda kutip). Saat saya masuk Trikomsel tahun 2007 SMS OKE tinggal sejarah :D

Perkembangan internet mulai menunjukan taringnya di Indonesia. Dikenallah sebuah media komunikasi chatting menggunakan layanan dari Yahoo yaitu Yahoo Mesengger. Rata-rata di Indonesia benyak menggunakan layanan dari Yahoo ini untuk keperluan pribadi maupun komersial. Terlihat banyak layanan yang komunikasinya menggunakan Yahoo Messenger. Saya setuju dengan Fajran tentang pendapatnya bahwa di Indonesia banyak pengguna YM, Instant Messenger besutan Yahoo.

Beberapa rekan-rekan saya sudah mulai bosan dengan layanan Yahoo ini. Mereka beralih ke Skype namun hanya sebentar saja. Begitu pula dengan saya yang agak dengan tertarik layanan pesan paketan Zimbra. Tapi hanya bertahan sebentar saja. Sebenarnya Zimbra menggunakan protokol Jabber jadi sebenarnya lebih enak untuk komunikasi dengan sesama pengguna Zimbra atau layanan yang menggunakan Jabber seperti Gtalk, layanan Instant Messenger dari Google.

Saat ini yang mulai menjadi trend adalah BlackBerry Messenger. Layanan dari  BlackBerry ini mulai digunakan sebagai komunikasi profesional. Misal yang pernah saya dengar (saya belum tahu pasti) ada sebuah perusahaan yang memantau agen-agennya menggunakan BlackBerry Messenger. Indra Gunawan menggunakan BlackBerry Messenger sebagai sarana komunikasi karena tuntutan profesi yang kebanyakan relasinya menggunakan BlackBerry.

Apakah nantinya BBM atau BlackBerry Messenger akan menjadi standar De facto messenger di Indonesia?
Apakah anda pernah mendapat pertanyaan, "share PIN BB-nya donk...".

Saya masih menggunakan sarana komunikasi SMS karena saya sering membalas SMS hanya berisi 1 kata "OK" :D

20 July 2010

Toko Aplikasi Perangkat Bergerak di Indonesia

Pengembangan aplikasi pada perangkat bergerak atau lebih terkenal mobile application sepertinya ada angin segar. Saat ini pengembang aplikasi bisa menjual atau berbagai aplikasi secara gratis pada toko-toko mobile application. Di Indonesia setahu saya baru ada 2 toko mobile application. Toko ini di-backup oleh operator besar seperti Indosat dan Telkomsel. Indosat mempunyai iStore yang hanya khusus menjual atau menyediakan aplikasi berbasis Android. Telkomsel mempunyai AppZone dengan ribuan aplikasi, menurut kompas 2000 aplikasi.

Anda sebagai pengembang mobile application mulai merasa bergairah dengan kehadiran toko-toko ini? Saya berharap akan hadir aplikasi-aplikasi buatan Indonesia. Gameloft saja akan mencari Game Programmer di Indonesia.

Bagi yang ingin tahu tentang pengembangan mobile application di Android dan iPhone bisa klik disini.



19 July 2010

[Kliping] Harian Jogja 18 Juli 2010 Halaman 23

Harian Jogja kembali lagi hadir 24 halaman. Komunitas Ubuntu Jogja kembali mengisi pada halaman 23. Kali ini membahas tentang Open Source di perangkat bergerak seperti ponsel-ponsel cerdas. Ketika Indonesia Celullar Show 2010 banyak sekali inovasi baru dibidang perangkat bergerak berbasis Android. Jadi saat ini aplikasi atau sistem operasi Open Source tidak hanya pada PC, Notebook, Netbook, dan Server. Sepertinya Android akan naik daun sebagai sistem operasi pada ponsel cerdas yang Open Source. Sebenarnya tidak hanya Android, masih ada Maemo dan OpenMoko.

Jika anda tertarik dengan teknologi Android atau bahkan ingin menjadi pengembang aplikasi Android, bisa mengikuti Seminar Android vs iPhone, 24 Juli 2010. Seminar ini akan membahas tentang peluang bisnis dalam mengembangkan aplikasi berbasis Android maupun iPhone. Tentunya dengan perbedaan masing-masing oleh sebab itu akan ada komparasi sedikit tentang kedua teknologi tersebut. Jika tertarik mengikuti Seminar Android vs iPhone silakan baca informasi pada tautan ini.


Lowongan : Game Programmer - Gameloft

Gameloft, perusahaan yang mempunyai slogan The Best Mobile Games sedang membutuhkan beberapa Games Programmer. Denger-denger yang dibutuhkan cukup banyak namun saya tidak tahu jumlahnya. Gameloft beberapa waktu yang lalu sempat berkunjung ke Yogyakarta untuk melihat beberapa sumber daya manusia handal di Yogyakarta. Bahkan menurut Sebastien Auligny, General Director & Group Studio Manager Gameloft Vietnam tidak menutup kemungkinan bahwa Gameloft akan buka cabang di Yogyakarta, seperti yang dikutip dari STMIK Amikom.

Proses rekrutmen Game Programmer Gameloft melalui Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM atau dapat dilihat dari poster berikut. Paling lambat 26 Juli 2010.

Lowongan : Web Designer - PT Pustaka Insan Madani

PT Pustaka Insan Madani, perusahaan penerbitan yang mengekspansi diri dengan menciptakan produk berteknologi dan berinovasi tinggi untuk mempercepat laju pertumbuhan pendidikan dan menjawab kebutuhan dunia pendidikan seiring berkembangnya teknologi yang pesat. PT Pustaka Insan Madani membuka kesempatan bagi yang akan bergabung menjadi karyawan tetap. Ada 4 posisi lowongan yang dibuka, Account Manager, Administrasi Keuangan, Redaktur Media Online, dan Web Designer. Adapun persyaratan untuk Web Designer sebagai berikut :
- Umur maksimal 28 tahun
- Pendidikan D3/S1 Teknik Informatika atau serumpun
- Menguasai Linux, Apache, MySQL, PHP, dan AJAX
- Mengusaia framework CodeIgniter atau CakePHP merupakan nilai tambah

Web Designer ini berlokasi kerja di Yogyakarta. Bagi yang berminat kirim surat lamaran, CV, KTP dan foto terbaru ke hrd@insanmadani.com. Paling lambat surat lamaran diterima 27 Juli 2010. Pengumuman lolos seleksi melalui email. Informasi posisi lainnya dapat dilihat pada http://de.tk/FCwWW.

Sebagai bonus ada lowongan sebagai web programmer, http://de.tk/gEagu.

Sumber :
Koran KR, Sabtu 17 Juli 2010

15 July 2010

Paket Layanan Android dari Indosat

Memiliki ponsel cerdas seperti BlackBerry pastinya harus langganan paket layanan BlackBerry. Ponsel sekelas BlackBerry tanpa layanan menjadi ponsel tidak cerdas lagi. Bahkan paket layanan BlackBerry sangat beragam dari beberapa operator. Saya tidak akan memberikan perbandingan harga paket layanan BlackBerry. Anda bisa mencari di Google.com dengan kata kunci paket layanan BlackBerry.

Diskusi beberapa waktu lalu belum ada informasi bahwa operator di Indonesia akan menyediakan paket layanan untuk ponsel cerdas ber-Android. Ternyata dugaan saya meleset. Sekarang pihak Indosat telah mengeluarkan paket layanan Android dengan paket ponsel Wiigo. Paket layanan Android dengan nama Android on Demand menjadi paket layanan Android pertama di dunia. Hal ini diungkapan oleh Teguh Prasetya, Group Head VAS Marketing Indosat di ajang Indonesia Celullar Show 2010.

Ponsel Wiigo yang dipaket dengan Android on Demand ini merupakan ponsel produk lokal. Saya mencari-cari spesifikasinya tidak ketemu. Dari hasil pencarian yang ditemukan, ponsel Wiigo menggunakan sistem operasi Android v1.6 atau dengan kode nama Donut, dalam bahasa Indonesia disebut Donat. Spesfikasi teknisnya Wiigo kurang lebih seperti dibawah ini :
- Dukungan layar 2.5 inch
- ROM 256 MB
- RAM 128 MB
- Memori eksternal hingga 8 GB
- Keypad QWERTY
- Processor belum diketahui

Harga kisaran ponsel Wiigo Rp. 1.500.000. Untuk paket layanan Android on Demand dibagi menjadi 3 paket :
- Paket push mail dan chatting : Rp 40.000/bulan
- Paket social networking dan chatting : Rp 60.000/bulan
- Paket regular : Rp 120.000/bulan

Anda tertarik untuk memiliki ponsel ber-Android?
Jika anda ingin mengetahui tentang Android bisa mengikuti seminar Gadget War: Android vs iPhone di KPTU FT UGM tanggal 24 Juli 2010.


Referensi :

Undangan Pertemuan Komunitas FOSS Indonesia 2010

Jika di Jakarta saya kemungkinan mengikuti pertemuan Komunitas FOSS Indonesia di Hotel Bidakara. Walaupun tidak bisa hadir saya hanya berharap semoga ada hasil yang positif dalam pertemuan ini. Berikut undangan pertemuan yang saya copy-paste dari milis Linux Aktivis.
Kepada Yth.
Para Pendukung, Penggemar, Penggiat, Pengusaha, dan Pengguna
Free/Open Source Software di Indonesia

Untuk membangun sinergi antara para penggiat Open Source di Indonesia
dan membuat pemanfaatan Open Source lebih sukses lagi, Asosiasi Open
Source Indonesia (AOSI) akan menyelenggarakan "Pertemuan Komunitas
Open Source" yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal : Sabtu, 17 Juli 2010
Waktu : 12.00 s/d 17.00 WIB (diawali dengan makan siang
dan ramah tamah)
Tempat : Hotel BIDAKARA, Ruang Bima, Jl. Jend. Gatot Subroto
Kav 71-73, Pancoran Jakarta Selatan 12870

Nara sumber:
- Keynote Speaker: Betti Alisjahbana (Ketua AOSI)
- Panelis: I Made Wiryana (Dosen dan Komunitas Linux),
Harry Sufehmi (Komunitas Ubuntu), Harry Kaligis (OpenSolaris, Sun/Oracle),
Taufik Hasan (Mastel, AOSI), Frans Thamura (Java User Group),
Tb Deddy Safiudin (Metro-TV), dan wakil pemerintah (Kominfo/Ristek).
- Semua peserta juga diharapkan sebagai nara sumber.
- Moderator: Rusmanto (Majalah InfoLINUX)

Karena keterbatasan tempat, kami mohon yang berminat hadir untuk
mendaftarkan diri melalui email dengan isi email:
Nama Peserta : ......
No HP / Telp : .....
Nama institusi : .....

Ditujukan atau TO: sukarni.anindya@gmail.com
dan SUBJECT: Pertemuan Komunitas Open Source

Pendaftaran ditutup jika jumlah peserta telah mencapai 100 orang.

Sekretariat AOSI
Telp: 021 797 2204
Fax: 021 794 5013

13 July 2010

X10 Mini Pro Cuma Rp. 2.699.000

Asli murah banget Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro cuma Rp. 2.699.000. Harga normal sekitar 3.5 jutaan. Sony Ericsson Xperia X10 Mini Pro yang murah ini hanya bisa didapat di Indonesia Cellular Show di JCC Jakarta. Sayangnya hanya dibuka 1 jam saja pada tanggal 14 Juli 2010. :(. Lebih detilnya poster yang berbicara.

[lirik] Dewa 19 - Deasy

Lirik lagu Deasy di album Format Masa Depan dari Dewa 19 hanya sekedar selingan saja. Hari ini saya di telepon mas Wawan dari Bagian Back Office. Mas Wawan sudah menyampikan tugasnya dengan baik tapi saya pesan mohon koordinasikan kembali dengan bagian terkait. Sekitar bulan Juni 2010 saya di telepon ibu Rida dari Bagian E-Collection. Tugasnya ibu Rida sudah tepat tapi kembali lagi bahwa "mereka" perlu koordinasi dengan bagian yang terkait. Jangan asal sesuai data yang ada. Saya fikir ini kesalahan Dessy dari Bagian Customer Service Cabang Yogyakarta yang memberikan informasi tidak tepat. Penyampaian informasi yang salah mengakibatkan saya harus menanggung kesalahan sistem mereka.

Saya cuma berharap "mereka" bisa berkoordinasi jangan cuma berdasarkan data. Kesalahan input data, saya pikir bukan pelanggan yang harus bertanggung jawab. Adakah yang bisa membantu memberikan informasi tentang perlindungan konsumen, peraturan, undang-undang atau apa pun? Saya tunggu dikomentar.

Daripada pusing mari kita dengarkan lagu dari Dewa 19 dengan judul Deasy, http://www.youtube.com/watch?v=y34EKi8sxBk. Liriknya dapat dilihat dibawah ini.
Dirimu merajai anganku
Kemana kupergi terlintas bayanganmu
Sesaat kucoba untuk tenang
Semakin terasa aku tergila-gila

**
'Kan kukejar dan kukejar
Kemanapun rasa itu pergi
Takkan pernah kulepas

***
Deasy padamu kasih kuserahkan cintaku
Deasy untukmu sayang kuberikan hidupku
Deasy akupun slalu ada disini untukmu

Kucumbu indah wangi tubuhmu
Didalam lembutnya sentuhan jemarimu
Nafasmu menyengat urat nadiku
Yang tersesat diharumnya rambutmu

**
***

Eratkan peluk sayang ditubuhku
Rasakan manisnya setia ini jalani hidup kita
Lintasi badai didepan
bersama diriku

***

*** Bahagia 'kan datang menjelang
*** Sirami kita berdua
*** Nikmati cintaku slalu membara
*** Peluk aku, cium aku, cumbu aku,
*** Dipuncak gairahku.....

12 July 2010

[Kliping] Harian Jogja 11 Juli 2010 Halaman 19

Telah diketahui bahwa BlankOn Linux 6.0 dengan nama kode Ombilin telah rilis. Berita rilisnya Ombilin juga sampai ke Jogja. Oleh sebab itu Harian Jogja edisi 11 Juli 2010 juga memuat berita tentang rilisnya Ombilin. Pada halaman 19 juga dibahas produk Apple Macbook Pro yang saudaraan dengan BlankOn Linux karena menggunakan sistem operasi Mac OS X yang masih berbasis Unix. Informasi tentang Macbook Pro dapat unduh di http://de.tk/LXpJg. Untuk informasi rilis BlankOn dapat dilihat dibawah ini.

Seminar, Gadget War: Android vs iPhone

Semakin banyak orang saat ini menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari sebagai alat bantu. Bahkan smartphone digunakan alat koordinasi bisnis. Walaupun belum menggunakan aplikasi yang spesifik untuk bisnis tersebut. Hal ini disebabkan semakin pesat perkembangan smartphone.

Walaupun demikian smartphone bukanlah pengganti komputer kecil atau apapun. Smartphone sesuatu yang berbeda. Smartphone idaman saya adalah ponsel berbasis Android atau iPhone :D. Mungkin terkesan muluk-muluk tapi namanya harapan dan do'a. Barangkali bisa terkabul, amiinn....

Sebelumnya saya pernah posting tentang perbandingan Android 2.2 di NexusOne dan iOS4 di iPhone. Perbandingan tersebut bisa dijadikan referensi saat akan memilih smartphone berbasis Android atau iOS. Nah.... di Jogja akan ada seminar yang membahas tentang Android dan iPhone yang diselenggarakan oleh Magister Teknologi Informasi UGM. Tidak sekedar membandingkan kedua teknologi namun lebih ditekankan nilai keuntungan saat menggunakan smartphone berbasis Android atau iPhone. Lebih detilnya poster berbicara seperti dibawah ini.


11 July 2010

Plurk, Pesta vs Gathering ?

Tahun 2008 telah diselenggarkan Pesta Pluker dibeberapa kota. Sepertinya tahun 2009 juga ada Pesta Plurker. Walaupun saya pengguna microblogging Plurk tapi tidak begitu mengikuti perkembangan komunitas atau para pengguna Plurker.

Di Jogja akan diselenggarakan Gathering Plurker pada tanggal 23 Juli 2010. Saya tidak tahu korelasi Gathering Plurker dengan Pesta Plurker. Sampai saat ini belum terdengar bahwa ada informasi tentang Pesta Plurker 2010. Gathering Pluker Jogja ini akan diselenggarakan di AngkringanQ Cafe. Kontribusi dan detil acaranya poster yang berbicara :)

[Kuliner] Pempek Palembang Ulu Bundar

Minggu ini sepertinya menjadi liburan yang mengasikan. Sampai dibeberapa tempat macet. Terutama disekitar tempat pariwisata. Wisata saat ini tidak hanya berpaku pada tempat yang monumental saja atau pemandangan. Mencicipi suatu makanan pun sudah bisa dikatakan wisata atau lebih dikenal dengan wisata kuliner.

Saya fikir setiap kota saat ini bisa mempopulerkan kota melalui makanan. Seperti halnya kota Palembang yang terkenal pempeknya. Bahkan untuk mencicipi pempek tidak harus ke Palembang. Pempek di Jogja yang bisa menjadi referensi adalah Pempek Ulu Bundar. Harganya cukup terjangkau untuk kapal selam Rp. 5000 sedangkan lenjer, kulit, bulat Rp. 5000. Saya sudah berkali-kali ke Pempek Ulu Bundar, selain murah namun enak juga rasanya.

Anda bisa menemukan Pempek Ulu Bundar di Jln. C. Simanjuntak 38, dekat dengan Mirota Kampus. Ternyata Pempek Ulu Bundar ini sudah lama berjualan. Menurut istri saya, sekitar tahun 1997 sudah pernah makan di pempek Ulu Bundar. Menu pempek dari Ulu Bundar bisa menjadi referensi anda untuk menambah daftar wisata kuliner :)


10 July 2010

Finalis IOSA 2010 Tahap 1

Harapan saya pemerintah kota maupun kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari ajang Indonesia Open Source Award 2010. Penjurian tahap 1 telah dilakukan tanggal 9 Juli 2010. Dari penjurian tahap 1 diputuskan 10 instansi terpilih dalam kategori Kementerian & Non Kementerian, 23 pemerintah dalam kategori Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk kategori Pemerintah Provinsi tidak ada dikarenakan tidak terpenuhi jumlah minimal peserta.

Selanjutnya akan dilakukan penjurian tahap 2. Kategori Kementerian & Non Kementerian akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2010 di Jakarta. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2010 di Bali. Pada penjurian tahap 2 akan dilakukan dengan cara survey dan wawancara.

Saya ucapkan selamat untuk pemerintah Kota Yogyakarta dan pemerintah Kabupaten Bantul yang masuk dalam daftar finalis penjurian tahap 1. Semoga harapan saya bisa terwujud dan perkembangan Open Source di Yogyakarta dapat berkembang. Tentunya akan memicu kota-kota lain. Daftar finalis penjurian tahap 1 yang lengkap dapat dilihat pada http://www.iosa.web.id/?p=298.

09 July 2010

Lowongan : Staff Komputer - Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Fakultas Kedokteran Gigi UGM membuka lowongan pekerjaan. Formasi yang dibuka cukup banyak dari dosen sampai tenaga kependidikan. Untuk tenaga kependidikan ada 3 bagian, yaitu perawat, administrasi dan sopir. Bagi yang lulusan D3/S1 Komputer atau serumpun formasi yang dibuka adalah Tenaga Kependidikan Administrasi Sub Bagian Komputer. Jumlah formasinya adalah 4 orang.

Selain persyaratan khusus berdasarkan kemampuan ada persyaratan umum yang harus dipenuhi. Adapun persyaratannya sebagai berikut :
1. Fotokopi ijazah yang terlegalisir
2. Fotokopi transkrip nilai
3. Daftar riwayat hidup
4. Fotokopi KTP
5. Pasfoto 4x6 sebanyak 2 lembar
6. Surat keterangan bebas napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif)
7. SKCK dari Polsek setempat
8. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah
9. Usia maksimal 30 tahun pada 1 Juli 2010

Surat lamaran ditujuakan kepada :
Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UGM
Jln. Denta No. 1 Sekip Utara
Yogyakarta

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada http://de.tk/0t8yI.



Surat lamaran paling lambat diterima panitia seleksi tanggal 12 Juli 2010.

Menginstall Huruf di Ubuntu

Saya fikir installasi huruf di Ubuntu atau di Linux lainnya susah. Ternyata mudah hanya modal klik saja, huruf sudah terinstall. Studi kasusnya saya menginstall huruf Acidic yang diunduh dari http://www.2200freefonts.com/free-fonts-A5.htm. Setelah anda unduh huruf Acidic anda cukup ekstrak berkas acidic.zip, ini pun hanya klik kanan pilih extract here. Kemudian masuk ke direktori hasil esktrak tersebut, dobel klik berkas Acidic.ttf. Selanjutnya klik tombol Instal Font.

Selesai deh...install huruf di Ubuntu. Saya mencoba hasil intallasi di OpenOffice, sekedar memastikan installasinya sukses.

08 July 2010

Android 2.2 dan iOS4

Belakangan ini saya harus mencari informasi tentang Android dan iPhone. Lama-lama menjadi ngiler melihat perkembangannya. iOS4 yang terpasang di iPhone4 membuat semakin ngiler. Modelnya itu lho.... Apalagi sekarang mulai muncul ponsel ber-Android yang murah-murah sekitar 2jtan. Makin pengen punya ponsel ber-Android. Setahu saya ada beberapa ponsel ber-Android yang murah, seperti Huawei, CSL, dan Sony Ericsson (X8 dan X10 Mini).

Dalam memilih ponsel cerdas seperti iPhone atau Android, bisa melihat beberapa perbandingan berikut :

Feature
Google Android 2.2 (Froyo)
Apple iOS 4
Devices
HTC Nexus One (FRF91)
iPhone 4 and 3GS. Limited support for iPhone 3G and iPod touch.
3rd Party App Multitasking
Full (as services)
Yes with API limitations:
§         Background audio
§         Voice over IP
§         Background location
§         Push notifications
§         Local notifications
§         Task finishing
§         Fast app switching
Home screen folders
Yes
Yes
Video calls
3rd party 3G and WiFi
Yes - WiFi
WiFi tethering
Yes
No
USB tethering
Yes
Yes
On-device Photo editing
3rd Party
Yes
Unified Inbox
Yes
Yes
SMS threads
Yes
Yes
Custom wallpapers on lock screen
Yes
Yes
Custom wallpapers on Home screen
Yes
Yes
Live Wallpapers
Yes
No
MS Exchange Support
Yes
Yes
Multiple Exchange Accounts
Yes
Yes
Exchange Security Restrictions
Yes
Yes
"Update All" apps
Yes
Yes
Automatic individual app updates
Yes
No
Voice dialing via Bluetooth
Yes
Yes
International Keyboards/Localization
Yes
Yes
Adobe Flash Support
Yes
Never
HTML5 Support
Yes
Yes
Browser
WebKit (with V8)
WebKit
Install apps to removable memory
Yes
No
USB Sync to PC/Mac
3rd Party
Yes
Copy/Paste to/from Browser
Yes
Yes
Install apps from 3rd party sources
Yes
Requires a Jailbroken Phone
System-wide Orientation lock
No
Yes
Number of Home screen panels
5 (more with 3rd party)
11
Widgets
Yes
No
Music
Built-in ability to play MP3 files.
Available through iTunes
Music Streaming from Cloud
3rd party (future: Simplify Media)
3rd party (future: Lala)
Google Voice Integration
Native
Web
System Wide Search
Yes
Yes
Notification System
Pull Down
Modal
Voice to Text
Yes
No
Over the Air Syncing
Yes
No
Free turn-by-turn Navigation
Yes
No

Perbandingan diatas saya ambil dari http://vscompare.blogspot.com/2010/07/android-22-froyo-vs-ios4.html.